TK A: Mengintip Pekan Orientasi

Selamat Datang di TK A!

Selamat Datang di TK A!

Hari pertama pekan orientasi, area TK ramai sekali dengan kehadiran orang tua murid. Ada apa gerangan? Rupanya para bapak dan ibu ini mengantar anak-anak mengikuti hari pertama mereka bersekolah di TK A. Hingga jam masuk, masih ramai edisi foto-foto dari luar jendela

Selama pekan orientasi yang berlangsung tiga hari ini, kami memperkenalkan kebiasaan membaca doa sebelum memulai kegiatan di kelas, sebelum makan dan sebelum pulang sekolah. Setelah itu, anak-anak langsung bersemangat mengikuti Ibu Janti bernyanyi. Sambil berdiri, loncat-loncat dan menari lho!

Menari bersama

Menari bersama

Kemudian, anak-anak menghias contong. Contong ini terbuat dari karton yang digulung menyerupai contong es krim. Contong ini adalah tradisi khas Sekolah Kembang. Setelah ditempeli berbagai gambar, contong ini diisi makanan ringan (jeli, susu dan biskuit) serta penanda sah sebagai siswa Sekolah Kembang: seragam olahraga!

Menghias contong

Menghias contong

Keigatan lainnya adalah mendengarkan cerita berjudul Bubbles Pergi ke Sekolah. Ternyata banyak yang merasa seperti tokoh utamanya si Bubbles yaitu takut, cemas, namun juga senang akan masuk sekolah. Murid TK A kemudian menggambar hal-hal yang mereka ingat dari buku ini.

Namanya juga baru berkenalan dengan teman baru, beberapa anak masih malu-malu dan senantiasa menggandeng tangan guru.  Tapi di hari terakhir orientasi, semua murid TK A sudah bermain bersama dengan gembira!

"Halo...nama kamu siapa?"

“Halo…nama kamu siapa?”

Hebat sekali murid-murid TK A! Tidak ada yang menangis ingin pulang, energinya terus menyala, jawabannya selalu positif dan tiada henti tersenyum ceria. Kami semua jadi semakin semangat menyongsong kegiatan belajar di tahun ajaran baru

Barisan rindu rumah

Barisan rindu rumah

 

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

4 comments

  1. Leoni

    Hihihi, suka sekali judul foto yang paling bawah “barisan rindu rumah”

  2. Erma

    Kangen sekali masa2 ini….berharap suatu saat bisa berada di sini Ĺąǵǐ 🙂

  3. dee

    tahun ajaran baru kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk mengajar di TK…saya merasa tertantang, bersemangat tapi juga tegang..ini adalah hal yang benar” baru dan blum pernah saya coba sebelumnya, sampai saat ini belum ada gambaran apa yang akan saya lakukan di hari pertama sekolah…:) postingan ini sangat membantu..terima kasih writer!! 🙂
    Sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan di hari pertama sekolah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: