Kelas C : Rutinitas di Kelas C

Hari pertama di Kelompok Bermain di awali dengan kepanikan guru-guru baru Playgroup C. Rencana kegiatan yang telah disusun tidak berjalan sesuai yang di idam-idamkan (seperti yang sudah bisa diduga). Beberapa anak tampak malu-malu untuk masuk ke kelas tanpa didampingi oleh orangtua, ditambah lagi guru-guru di Playgroup C yang juga masih baru dan imut-imut membuat anak-anak ragu-ragu untuk menyapa. Tidak lama setelah semua anak tiba dan berkumpul di kelas, beberapa anak berlari ke luar dan bermain pasir dan sepeda. Ketika memasuki waktu makan bersama, beberapa anak bahkan harus dibujuk untuk memasuki kelas.

Seiring bergantinya hari, anak-anak  mulai dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kelas dan ibu-ibu guru. Rencana kegiatan pun mulai dapat terealisasikan, rutinitas baru di Playgroup C telah mulai terbentuk sedikit demi sedikit.

Hari-hari di Playgroup C selalu diawali dengan Senyum, Salam, dan Sapa oleh anak-anak dan ibu-ibu guru, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan individual art and craft.

ImageSetelah semua anak telah tiba, maka dimulailah kegiatan kelompok; sebagian anak akan bermain di dalam kelas ditemani oleh ibu guru yang menyelipkan kegiatan membaca buku cerita di sela-sela kegiatan bermain, sedangkan sebagian anak yang lain bermain di luar kelas.

Image

ImageImage

Setelah bermain, anak-anak kembali berkumpul di kelas (sebagian besar anak-anak sudah tidak perlu dibujuk lagi lho..) dan melakukan kegiatan bersama, bernyanyi lagu-lagu tentang hewan diiringi petikan gitar dan lantunan suara Ibu Maghda yang khas dan bersemangat, anak-anak bernyanyi dan menari bersama. Di antara lagu-lagu yang dinyanyikan, ibu guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema kegiatan di Playgroup C yaitu Learning Animals can be Fun. Kegiatan bernyanyi bersama selalu ditutup dengan lagu ular naga panjang yang mengiringi anak-anak berbaris menuju wastafel untuk mencuci tangan yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama.

ImageSemoga rutinitas makan bersama ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan anak-anak dengan berkumpul, duduk, dan memakan bekal bersama-sama 🙂 anak-anak Playgroup C sudah bisa makan bekal sendiri tanpa dibantu lho!

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan bermain dan membaca buku cerita seperti sebelumnya. Menjelang waktu pulang, anak-anak Playgroup C akan berkumpul di atas karpet bersama dengan anak-anak dari Playgroup A dan B untuk mendengarkan dongeng dari Ibu Maghda dan ditutup dengan bernyanyi bersama.

Anak-anak Playgroup C sudah mulai terbiasa dengan rutinitas-rutinitas tersebut dan mereka juga sudah mulai terbiasa untuk berada di dalam kelas untuk waktu yang cukup lama.. yeaaayy, semoga rutinitas baru di Playgroup C dapat lebih membantu mempersiapkan anak-anak untuk masuk ke TK A 😀  Semangat Buuu..

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: