SD 6: Bermain Sambil Belajar? Tidak Masalah!

Kata siapa belajar sambil bermain hanya untuk adik-adik di kelas kecil? Kelas 6 juga masih bermain, lho!

Kelas 6 memang mempelajari materi pelajaran yang lebih serius. Wajar saja, kelas ini kan persiapan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Meskipun begitu, kegiatan belajar di kelas 6 tidak serta merta menjadi kaku dan membosankan.

Lihat saja pelajaran Musik. Ketika belajar mengenai tempo-tempo lagu, Ibu Lola mengajak anak-anak SD 6 bermain Pesan Berantai. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok memilih seorang Kapten yang akan menjadi pembisik pertama. Setelah itu, Ibu Lola memberikan kertas berisi nama tempo lagu berikut penjelasannya.

Bermain Pesan Berantai

Bermain Pesan Berantai

Kapten dari setiap kelompok kemudian menghafalkan isi kertas tersebut serinci mungkin. Pada waktu yang ditentukan, bu Lola akan memberi aba-aba. Si Kapten lantas akan membisikkan isi kertas yang ia baca ke anggota kelompok yang berdiri di depannya. Pesan tersebut akan dilanjutkan sampai anggota terakhir yang berdiri di paling depan menerima pesan tersebut.

Permainan ini dilakukan dalam tiga babak. Pemenangnya adalah kelompok yang dapat menyebutkan isi kertas dengan tepat tanpa menambahkan atau mengurangi kata-kata yang ada di dalamnya. Melalui permainan ini, anak-anak dapat menghafal nama-nama tempo lagu dengan santai, namun tetap serius.

Brain Quest Challenge!

Brain Quest Challenge!

Pada pelajaran lain, Bu Minnie mengajak anak-anak bermain Brain Quest dalam bahasa Inggris. Menggunakan kartu Brain Quest, bu Minnie melontarkan sejumlah soal yang harus dijawab oleh murid-murid SD 6 secara berkelompok. Seru sekali! Oh ya, di sesi permainan ini, SD6 ditemani pula oleh kak Tasia.

Sebelum bermain, Bu Minnie membagi kelas menjadi 3 kelompok. Permainan berjalan dalam dua babak: babak giliran dan rebutan.  Anak-anak semangat sekali! Bahkan, saking semangatnya, di babak giliran pun kelompok lain berebut mengacungkan jari ingin ikut menjawab soal! Hihihi… Bu Minnie hanya tersenyum melihat ‘semangat’ anak-anak kelas 6.

Memasuki babak giliran, suasana kelas semakin ‘panas’. Pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris dilahap dengan cepat oleh anak-anak. Bu Minnie sempat harus merevisi jawaban ketika ada pertanyaan:

“What’s the farthest planet from the Sun?”

Anak-anak sempat bingung karena Pluto, yang ada di dalam kunci jawaban, bukan lagi merupakan sebuah planet. Wah, update  juga ya SD 6 dengan fakta ini 🙂

Lantas mereka bersama-sama mengurutkan planet yang ada di tata surya. Padahal mereka belum belajar, lho! Akhirnya disepakati bahwa jawaban yang benar adalah Neptunus.

Di akhir babak rebutan, akhirnya muncul satu pemenang Brain Quest Challenge. Meskipun hanya satu kelompok yang menang, murid-murid  tetap merasa gembira karena mereka tetap mendapatkan pelajaran dan kesempatan untuk memraktikkan bahasa Inggris mereka selama bermain 🙂

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: