SD 1: Kami sudah Menjadi Murid SD!

Wah, senangnya liburan kami telah usai. Kini kami menjadi siswa SD lho! Kami sudah melakukan banyak hal menyenangkan di minggu-minggu pertama kami bersekolah. Seperti dugaan kami, SD itu memang menyenangkan.

Di minggu pertama, Ibu guru kami mengajak kami untuk lebih mengenal diri masing-masing. Kami mengenal panca indera terutama pendengaran dan identitas diri. Banyak benda yang sudah kami buat. Di antaranya ada telepon plastik dan alat musik. Dari kedua benda itu kami belajar dari mana asal suara. Pssst.. Apakah kamu tahu mengapa saat kamu naik pesawat terkadang kamu tidak bisa mendengar.. Kami tahu lhoo.. Hihi

Image

Mencubit Pipi Sendiri

Kegiatan menarik lain adalah mengenal arti nama masing-masing. Ibu guru membacakan cerita Chrysanthemum, lalu meminta kami mencari tahu arti nama masing-masing. Senang sekali bisa tahu arti nama. sendiri. Ternyata ayah dan ibu memberika nama yang indah untuk kami. Ah, jadi semakin sayang dengan ayah,ibu dan diriku sendiri.

Minggu kedua berjalan dengan penuh semangat. Kami belajar tentang alat indera penglihatan dan peraba. Kami bermain dengan kotak cahaya dan tahu bahwa mata memerlukan cahaya yang cukup untuk melihat. Bu Ella membiarkan kami bermain dengan kameranya sehingga kami tahu cahaya yg terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengganggu penglihatan.

Bermain Kotak Cahaya. Ada apa di dalam sana?

Image

Image

Membuat Nama dari Huruf Braille

 Kami cukup terkejut ketika Ibu guru memberi tahu bahwa orang tuna netra bisa membaca. Ternyata mereka menggunakan indera peraba untuk “melihat” huruf. Kamipun sadar, jika salah satu inderamu tidak berfungsi dengan baik, maka ada alat indera lain yang lebih sensitif. Dalam kegiatan ini kami mencoba membuat nama kami dalam huruf braille.

Minggu ketiga adalah minggu terakhir kami belajar tentang diri sendiri. Di minggu ini kami membandingkan 4 benda cair yang tampak sama menggunakan alat indera yang berbeda. Kini kami tahu ada benda yang bentuk, warna, dan permukaannya sama tapi yang membedakan adalah aromanya.

Di minggu ini kami membaca cerita Arthur’s Nose. Dari cerita itu kami belajar untuk bangga menjadi diri sendiri dan menghargai orang lain yang berbeda.

Pada akhir minggu ini, kami akan mengadakan perayan hari panca indera.
Tunggu cerita tentang Hari Panca Indera ini di cerita kami selanjutnya ya! 🙂

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

2 comments

  1. dini

    waah… buanyaaak sekali yang di sudah di pelajari SD 1 hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan ya bu??.. salut!!
    ide belajar huruf braille itu hebat sekali dehh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: