SD 3: Refleksi

Setiap hari Jumat, ibu guru meminta kami melakukan refleksi dengan cara menulis jurnal. Kegiatan ini dimulai pada pagi hari, pukul 08.00. Biasanya, kami akan berefleksi mengenai pengetahuan apa saja yang kami ketahui di minggu itu atau hal-hal sederhana seperti hal-hal menyenangkan yang terjadi pada minggu itu, hal-hal baik yang saya lakukan terhadap orang lain, atau hal-hal baik yag saya terima dari orang lain.

Minggu lalu, ibu guru meminta kami untuk menceritakan hal-hal berikut ini:
1. Tiga hal baru yang saya ketahui.
2. Hal- hal baik yang saya lakukan.

Tiap anak mempunyai buku jurnal masing-masing. Sebuah buku tulis bergaris tiga yang disampul dengan kertas koran. Buku jurnal ini sudah kami miliki sejak di kelas dua, lho!

Setelah petugas kelas membagikan buku jurnal kepada tiap anak, kami mulai dengan menulis tanggal dan menulis judul pada halaman baru jurnal kami. Kami diberi waktu 15 menit untuk menyelesaikan jurnal ini.

Nah, ini dia hasil refleksi kami:

Hal-hal yang kami ketahui minggu ini:
Saya tahu cerita berjudul Jari Ajaib dan Mr. Fox yang Fantastis.
Saya belajar tentang Omnivora, Herbivora, dan Insektivora.
Saya belajar tentang not.
Saya belajar istilah ‘ibu rumah tangga.
Saya melakukan percobaan.
Saya kini tahu arti kata ‘elok’.
Saya belajar tentang not musik dengan bermain domino.
Saya belajar kata baru, yaitu ‘berang’.
Saya belajar lagu baru yaitu 7 Ekor Ikan Mas.
Saya tahu bahwa ada tumbuhan bernama Kantung Semar.

Hal-hal baik yang saya lakukan minggu ini:
Saya membantu ibu menjaga adik, menyiapkan makanan, dan mencuci piring.
Saya membereskan mainan setelah selesai bermain.
Saya minta maaf kepada ayah.
Saya menyapa ibu guru di sekolah.
Saya menghargai teman.
Saya menyelesaikan tugas tepat waktu.
Saya mengucapkan ‘terima kasih’.
Saya memaafkan teman yang meminta maaf kepada saya.
Saya membuat sertifikat untuk ibu saya.
Saya bersikap baik.
Saya membantu teman saya belajar.
Saya bermain di tempat yang seharusnya.
Saya memeluk orangtua saya.
Saya membantu papi membereskan bantal dan selimut.

Menurut ibu guru kami, menulis refleksi merupakan latihan yang baik untuk melatih kelancaran mengekspresikan pikiran. Refleksi juga membantu kami lebih mengenal diri sendiri dan lebih peka terhadap lingkungan dan orang lain.

Sampai jumpa!

20130828-130607.jpg

Jurnal-jurnal kami yang bersampul menarikĀ 

20130828-130723.jpg20130828-130727.jpg

Beberapa contoh jurnal kami

20130828-130716.jpg

 

 

 

 

 

Contoh jurnal kami

 

 

 

 

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

