SD 6: Belajar Pubertas dengan Bermain

Pada kuartal pertama ini, topik pertama pembalajaran IPA di kelas 6 adalah Pubertas. Topik ini sifatnya adalah sebagai review atau penyegaran untuk kelas 6.  Sebelumnya di kelas 5, mereka sudah belajar mengenai pubertas. Review materi pubertas ini dilakukan dengan cara permainan round robin dan 2 stay 3 stray.

Pada awal pembelajaran, siswa bekerja dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. Setiap kelompok akan akan berbaris berdasarkan kertas (lembar kerja) yang telah di tempelkan di dinding oleh guru. Setiap anggota kelompok kemudian akan bergiliran untuk mengisi lembar kerja yang di tempel di dinding. Lembar kerja tersebut berisi kolom yang harus dilengkapi siswa.Setiap kolom berisi tentang sub topik pubertas yang harus mereka isi.  Mereka akan mengisi lembar kerja tersebut secara bergantian ( 1 menit sekali) dengan teman yang ada pada barisannya. Pergantian pemain untuk mengisi lembar kerja ditandai dengan bunyi peluit guru.  Kegiatan ini berlangsung selama 10 menit.

Siswa SD 6 terlihat sangat antusias ketika melakukan kegiatan ini. Mereka saling memberikan semangat satu sama lain dalam setiap kelompoknya. Bagi pemain yang di depan terlihat panik, namun yang di belakang tetap memberikan dukungan,“Ayo ayoo isi lagi…! “Begitu kata pemain yang di belakang.” Aduhhh apa lagi ini…! “Sahut pemain yang di depan.”

Image

Setelah melakukan round robin, guru dan murid membahas bersama isu-isu atau istilah-istilah yang ada pada lembar kerja round robin. Kemudian siswa ditugaskan untuk membuat poster sederhana mengenai pubertas. Secara berkelompok mereka membuat poster tersebut. Referensi yang mereka gunakan adalah LK pubertas di kelas 5.

Selanjutnya siswa SD6 melakukan 2 stay 3 stray. Setiap kelompok akan mendelegasikan 2 anggotanya untuk stay pada posternya dan melakukan presentasi, sementara 2 anggota kelompok yang lain bertugas untuk mengunjungi poster kelompok lain dan melakukan penilaian berdasarkan rubrik yang telah dibagikan oleh guru.  Melalui kegiatan 2 stay 3 stray ini, siswa melakukan penilaian antar kelompok (peer assessment).

Image

Image

Di akhir kegiatan belajar, siswa SD 6 merasa senang karena dapat me-review pemahaman mereka tentang pubertas dan mendapatkan informasi tambahan melalui cara yang menyenangkan.

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: