SD 6: Percobaan IPA – Membuat Tempat Penyimpanan Air Panas

Pada minggu kedua belajar IPA, SD 6 melakukan percobaan tentang sifat hantaran benda panas. Mereka melakukan percobaan ini di ruang makan guru Sekolah Kembang.

Setiap kelompok diminta untuk membawa satu buah kendi tanah liat. Ada 2 percobaan yang akan dilakukan. Percobaan yang pertama adalah mengidentifikasi benda yang bersifat konduktor dan isolator. Murid SD6 melakukan pengamatan pada benda-benda yang berada di dalam gelas. Benda-benda tersebut di antaranya adalah paku, pensil, penggaris, dan sendok besi.

Benda-benda tersebut dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air panas. Setelah 2 menit siswa akan melakukan identifikasi benda-benda yang terasa panas atau tidak dengan cara menyentuh ujung benda tersebut. Setelah itu, murid mengelompokkan benda-benda tersebut ke dalam golongan konduktor atau isolator.

Image

Pada percobaan ke-2, siswa kan membuat tempat penyimpan air panas sederhana. Tempat penyimpan air panas ini terbuat dari kendi yang dilapisi dengan plastik dan aluminium foil. Siswa bekerja sama untuk membuat tempat tersebut.

Image

Setelah tempat penyimpanan air  selesai dibuat, para murid mengisinya dengan air panas dan mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, murid-murid mengamati tempat penyimpanan tersebut dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan di lembar percobaan.

Image

Murid-murid tampak sangat antusias dalam melakukan percobaan ini. Hal ini ditunjukkan dari semangat mereka dalam menyelesaikan setiap langkah kerja dalam prosedur percobaan.  Saking antusiasnya, salah satu kelompok yang sudah selesai membungkus kendinya, tidak sabar untuk melakukan pembuktian. Mereka pun secara bergantian mengisi kendi mereka masing-masing. Kelompok yang pertama selesai membungkus kendi mendapatkan giliran pertama untuk mengisi air. Pada saat itulah terjadi kehebohan.

Kendi yang mereka isi ternyata bocor. Walhasil airnya meluber keluar dan memenuhi plastik pembungkus kendi, kemudian tumpah ke lantai. Walaupun demikian, mereka tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan membersihkan tumpahan airnya. Kelompok yang yang kendinya bocor, akhirnya melakukan pengamatan dengan kelompok yang lain dan mereka dapat membuktikan bahwa airnya tetap panas setelah disimpan selama 30 menit. Mereka pun juga mengetahui alasannya mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: