SD 3: Belajar Langsung dari Ahlinya!

20130909-164603.jpg

Halo!

Minggu lalu merupakan minggu yang sibuk bagi murid-murid kelas 3. Mengapa demikian? Wah, ternyata ada banyak tamu yang berkunjung! Semuanya ada empat orang tamu yang mewakili profesi yang berbeda-beda.
Kegiatan guru tamu ini masih berhubungan dengan materi pelajaran kami, yaitu Etos Kerja. Ibu-ibu guru kami ingin menjelaskan bahwa pekerjaan atau profesi apapun, harus dijalani dengan profesional. Pada pertemuan sebelumnya kami juga telah dikenalkan dengan istilah Wiraswasta, Ibu Rumah Tangga, Seniman, Pekerja Lepas, Pegawai, dan Profesi.

Guru tamu pertama kami bernama Ibu Aimee Lubis, akrab dipanggil Ibu Imi. Nah, Ibu Imi akan bercerita kesehariannya menjadi seorang ibu rumah tangga. Ibu Imi bercerita sambil menunjukkan gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan ceritanya. Ibu Imi juga orangtua dari salah satu murid kelas 3, lho!

Ibu Imi bercerita bahwa Ia bangun pukul 04.30 pagi setiap harinya, setelah itu, beliau menyiapkan sarapan dan keperluan keluarganya. Setelah anak-anak siap, maka Ibu Imi ikut mengantar mereka ke sekolah. Sepanjang perjalanan, biasanya Ibu Imi akan membahas topik atau cerita tertentu bersama anak-anaknya.

Wah, lalu apa yang dilakukan Ibu Imi selanjutnya, ya? Ternyata banyak sekali yang dilakukan seorang ibu rumah tangga. Beliau memasak, pergi bertemu teman-teman, berolahraga di pusat kebugaran, berbelanja keperluan rumah, dan masih banyak lagi. Semua kesibukan itu tidak membuat Ibu Imi lupa untuk menjemput anak-anak tepat waktu di sekolah 🙂

Seru sekali mendengar cerita Ibu Imi. Apalagi, beliau menceritakanya dengan menarik lengkap dengan gambar-gambar yang lucu dan unik. Murid-murid jad antusias dan senang sekali mengikuti cerita Ibu Imi.

Tamu berikutnya adalah Ibu Terry Endropoetro. Ibu Terry mewakili profesi wiraswasta. Ibu Terry awalnya bekerja sebagai seorang pegawai di sebuah perusahaan. Setelah hampir 10 tahun bekerja, akhirnya Ibu Terry mengundurkan diri dari pekerjaannya dan membuka perusahaan sendiri.

Pekerjaan Ibu Terry yang baru menyenangkan sekali, lho! Setiap kali bekerja, pasti Ibu Terry akan berjalan-jalan ke kota-kota menarik di Indonesia. Wah, bekerja tapi, kok, jalan-jalan? Ibu Terry memang bekerja sebagai Perencana Perjalanan, khusus untuk kota atau pulau-pulau menarik di Indonesia. Selain mengatur jadwal, beliau juga ikut bersama dengan para tamu yang menggunakan jasanya. Itulah mengapa pekerjaan Ibu Terry erat kaitannya dengan jalan-jalan.

Murid-murid juga antusias sekali mengajukan pertanyaan dan mendengarkan penjelasan dari Bu Terry. Apabila hendak melakukan perjalanan, beliau akan bangun tidur pukul sekitar 03.00 pagi untuk mempersiapkan segala keperluannya. Dalam bekerja, Ibu Terry dibantu oleh 3 orang, yaitu suami, anak, dan seorang teman baiknya. Wah, seru sekali ya bekerja bersama keluarga sendiri 🙂

Masih banyak sekali cerita seru yang diceritakan oleh Ibu Terry. Di akhir kegiatan, Ibu Terry mengizinkan murid-murid untuk mencoba peralatan menyelam yang dibawanya. Ada kaki katak, snorkle, dan kacamata selam. Tidak hanya itu, sebelum pulang, para murid dibagikan buku-buku dan poster  tentang pariwisata Indonesia. Hari itu, semua murid kelas3 pulang dengan ceria dan dengan membawa banyak sekali bawaan 🙂

Tamu berikutnya adalah Ibu Lestia Primayanti. Kami akrab mengenalnya dengan panggilan Ibu Tia. Ibu Tia adalah Kepala Sekolah SD Kembang. Ibu Tia mewakili profesi Pegawai, sebab beliau bekerja di sebuah perusahaan, yaitu Sekolah Kembang.

Ibu Tia memulai ceritanya dengan memutarkan sebuah video pendek yang bercerita tentang pekerjaan seorang guru. Setelah itu, beliau bercerita tentang pekerjaannya sebagai seorang Kepala Sekolah. Ibu Tia harus memastikan bahwa setiap guru di Sekolah Kembang menjalankan tugasnya dengan baik. Beliau juga ingin agar semua guru di Sekolah Kembang bekerja dengan hati senang. Menurut Bu Tia, apabila seseorang bekerja dengan hati yang gembira, maka Ia akan melakukan pekerjaannya dengan baik.

Ibu Tia pun menceritakan rutinitas pekerjaannya. Beliau bertugas untuk memeriksa rencana mengajar para guru setiap minggu, memeriksa komentar rapor sebelum dibagikan kepada orang tua murid, meluangkan waktu untuk berdiskusi bersama guru-guru mengenai kegiatan belajar di kelas.

Tamu kami yang terakhir adalah Ibu Natasha Kasakeyan. Beliau adalah seorang profesional, yaitu dokter gigi. Para murid sudah memahami bahwa arti profesional adalah seseorang yang harus memiliki keahlian tertentu untuk menjalankan profesinya.

Ibu Tasha memulai ceritanya dengan presentasi mengenai kesehariannya sebagai seorang dokter gigi. Beliau menceritakan suasana tempat kerjanya, peralatan yang digunakan, hingga macam-macam penyakit gigi. Murid-murid sangat antusias!

Setelah puas berdiskusi, ibu Tasha mengajak para murid kelas 3 untuk bermain peran sebagai dokter gigi, asisten dokter gigi, dan pasiennya. Kami diizinkan mengenakan dan menggunakan alat-alat yang biasa dipakai oleh dokter gigi. Menyenangkan sekali 🙂

Selesai sudah minggu kunjugan kami. Dari keempat orang tamu yang diundang,, para murid sudah memahami apa yang dimaksud dengan etos kerja dan bagaimana contohnya. Mereka juga sudah dapat membandingkan macam etos kerja yang dilakukan oleh para tamu, serta membandingkan dengan diri mereka sendiri.

Mereka kini paham bahwa bertanggungjawab adalah seperti Ibu Terry yang harus memastikan keselamatan para anggota kelompok perjalanannya saat berada di Pulau Komodo. Disiplin artinya kebiasaan Ibu Imi yang selalu bangun pukul 04.30 pagi untuk menyiapkan segala keperluan keluarganya. Tepat waktu artinya seperti Ibu Tia yang harus mengembalikan berkas rapor yang sudah dikirim guru sebelum dibagikan kepada orang tua murid, dan semangat adalah sikap yang ditunjukkan Ibu Tasha saat menangani pasien-pasiennya.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada para tamu yang dengan senang hati meluangkan waktunya untuk berbagi dengan kami.

Sampai jumpa!

20131104-144009.jpg

20131104-143933.jpg

20131104-143904.jpg

20131104-143836.jpg

20131104-143823.jpg

20131104-143805.jpg

20131104-142840.jpg

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: