SD 5 Mengapresiasi Musik Tradisional Indonesia

Mari mengintip kegiatan di kelas 5!

Kelas 5 dikenal sebagai kelas yang tugasnya cukup banyak. Minggu pertama setelah libur Lebaran usai, kami memperoleh tugas musik yang dikerjakan secara berkelompok. Tugasnya adalah mengapresiasi musik tradisional Indonesia. Wah…. Bagaimana caranya? Ternyata mengapresiasi tidak sekedar menampilkan presentasi saja, namun bisa juga dengan membawakan tarian dan masih banyak alternatif cara lain.

Untung ibu guru juga berbaik hati memberi tahu langkah-langkah kerjanya. Pertama-tama, kami memilih temanya terlebih dahulu. Walah, memilih keseniannya pun pun perlu proses brainstorming yang diselingi argumentasi memanas 🙂 Bolak-balik terdengar seruan,”Tarian ini saja.” “Jangan, alat musik ini saja!” “Ah, yang ini saja, lebih gampang?” “Kamu mau lebih gampang atau nilainya bagus?!” Bu guru pun menengahi dengan mengingatkan bahwa lebih sulit kesenian yang dipilih, bukan berarti nilainya akan lebih tinggi. Kemudian, kelompok memutuskan cara mengapresiasi kesenian daerah tersebut.

Beberapa hari sebelum tampil, sudah muncul kasak-kusuk. Ada yang mengatur jadwal meminjam pengeras suara dengan ibu guru, lalu ada yang tampak sibuk berlatih. Latihan apa ya?

Hari yang ditentukan telah tiba!

Beberapa kelompok memilih cara menonton video sebuah tarian daerah bersama, kemudian menjelaskan: nama dan asalnya, penari dan pakaiannya, alat musik yang digunakan, serta makna tarian tersebut.

ImageMengerubungi video tarian daerah sambil asyik berdiskusi

Image

Meyimak pertanyaan teman saat presentasi kesenian daerah

Satu kelompok memilih untuk berlatih menari, kemudian memperagakan tarian tersebut. Peserta kelompok ini berlatih dengan sangat tekun! Penampilan mereka pun disambut meriah teman-temannya.

Kami jadi tahu lebih banyak tentang tarian Bungong Jeumpa dari Aceh, tari Indang dari Sumatera Barat, alat musik gamelan dari Bali, serta berbagai kesenian khas Jawa Tengah. Wow, sungguh beragam kebudayaan kita ya #wajahterpesona

Tunggu cerita-cerita seru lain bersama SD5!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: