SD5: Lebih Akrab dengan Tumbuhan Hijau (bagian 2)

Masih ingat dengan cerita kami sebelumnya? Bahwa kami mengenal tumbuhan hijau secara lebih mendalam? Nah, ternyata kegiatan belajar kami belum berhenti sampai di sana.

Sekarang, kami akan menciptakan sebuah produk berbasis tumbuhan hijau.       Ibu guru memberikan beberapa contoh benda di sekitar kita yang terbuat dari tumbuhan. Misalnya, pakaian yang berbahan dasar serat kapas. Beliau juga menunjukkan berbagai kliping koran tentang kiprah orang-orang kreatif yang mampu mengolah tumbuhan hijau menjadi produk yang bermanfaat.

Beberapa artikel tersebut antara lain berisi kisah sebuah tim peneliti yang mengembangkan pelepah pisang menjadi peredam suara. Lalu, ada juga pengusaha yang menciptakan cendol dengan rasa baru, kemudian mengemasnya seperti minuman bubble tea yang sedang tren, dan masih banyak lagi. Hebatnya, semua produk tersebut merupakan ciptaan orang Indonesia!  Ting… ide-ide mulai bermunculan.

ImageKliping koran tentang produk berbasis tumbuhan hijau, asli karya Indonesia!

Salah satu hal yang penting dalam proses ini adalah mencari sumber yang terpercaya. Kami pun membaca berbagai literatur, seperti koran, buku dan ensiklopedia. Di rumah, kami menelusuri internet dan berdiskusi dengan keluarga untuk memperoleh ide-ide lain.

Image

ImageBelajar melakukan riset

Setelah produk ciptaan kami terbayang, kami berusaha menuangkan gagasan tersebut dalam poster presentasi “Saya, Sang Penemu!”  Selama bekerja,  gayanya boleh bermacam-macam lho! Silakan cari posisi paling nyaman 🙂

ImageImageBerbagai pose saat bekerja

Setelah proses penulisan, diskusi, membaca dan memberi dekorasi, tibalah waktu untuk presentasi. Kami mendengarkan presentasi teman-teman dengan cermat dan antusias bertanya kepada penyaji.  Ada teman kami yang terpikir membuat es krim bunga mawar,  teh daun sirih, sup kaleng daun dewa, permen jeli salut biji, agar-agar purple coneflower, dan lain-lain.

ImageBeberapa poster presentasi hasil karya kami

Kami jadi semakin memahami pentingnya tumbuhan hijau dalam kehidupan sehari-hari. Ibu guru sampai terkagum-kagum mendengar beberapa ide produk yang cemerlang! Mungkin ide-ide kreatif ini bisa diwujudkan suatu saat nanti? #amien#  Silakan tonton presentasi salah satu teman kami. Selamat menikmati!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: