Upacara Hari Sumpah Pemuda

Tahun ini, Sekolah Kembang untuk pertama kalinya menyelenggarakan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda. Ya, sekolah kami memang tidak sering mengadakan upacara. Tetapi, pada tahun ini, kami menambahkan empat penyelenggaraan upacara selain peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain hari Sumpah Pemuda, nanti kami juga akan mengadakan upacara hari Pahlawan dan hari Kebangkitan Nasional.



Bertindak sebagai petugas upacara kali ini adalah murid-murid SD 5. Sedangkan murid-murid SD 4 menjadi pasukan paduan suara.

Latihan para petugas dan pasukan paduan suara telah dimulai seminggu sebelum hari H. Setiap sore, mereka berlatih dengan tekun bersama Ibu-Ibu Guru dari Kelompok Bermain, TK, dan SD. Wah, banyak sekali pelatihnya! Ya, agar lebih cepat paham, guru-guru dengan senang hati terjun langsung mendampingi murid-muridnya.

Upacara dimulai pada pukul 08.00. Seperti biasa, upacara di Sekolah Kembang berjalan dengan efektif dan efisien. Tidak ada pidato maupun Pembina Upacara. Hanya ada Pemimpin Upacara yang mengatur jalannya kegiatan.




Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan Pancasila.Karena ini adalah hari Sumpah Pemuda, maka ada pembacaan Sumpah Pemuda yang dibacakan di Kongres Pemuda II tahun 1928.

4

Setelah itu paduan suara menyanyikan lagu-lagu nasional. Salah satunya adalah Bangun Pemudi-Pemuda, yang memotivasi generasi muda saat ini untuk berkarya demi kemajuan bangsa Indonesia.

Upacara berlangsung selama 20 menit. Seusai upacara, seluruh murid kembali ke kelas. Secara keseluruhan, upacara berlangsung khidmat. Meskipun ada sedikit kesalahan dari petugas (mungkin grogi ya… ), hal tersebut tidak mengurangi nilai upacara itu sendiri.


Terima kasih untuk SD 5 dan SD 4!

Salam pemuda Indonesia!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: