PEKAN BAHASA KEMBANG 2013

Pekan Bahasa adalah salah satu kegiatan tahunan Sekolah Kembang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Sesuai namanya, Pekan Bahasa berlangsung selama satu pekan. Selama minggu tersebut, para murid TK dan SD akan melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Bahasa Indonesia. Mulai dari kegiatan Mendengarkan, Membaca, Menulis, sampai Berbicara.

Pada tahun ini, Pekan Bahasa mengambil tema “GURUKU”. Rangkaian kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan tema tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menanggapi gambar dan artikel
  • Bercerita untuk adik-adik TK
  • Menulis kata-kata mutiara yang sering disampaikan guru di kelas
  • Membacakan dialog dan memberi tanggapan
  • Menggambar karakter dan adegan dari cerita yang dibacakan
  • Menjelaskan gambar yang dibuat kepada teman-teman sekelas

Tentunya tidak semua kelas melakukan kegiatan yang sama. Adik-adik di TK, misalnya, mereka belum lancar membaca. Karena itu, mereka akan mendengarkan cerita yang dibacakan kakak-kakak kelas 4, 5, dan 6. Setelah itu mereka menggambarkan ceritanya.

SD 4 Membacakan CeritaSD 6 Membacakan Cerita

Kalau adik-adik di kelas kecil, mereka akan mendengarkan dialog, lalu memberikan tanggapan terhadap dialog tersebut. Berbeda dengan kakak-kakak kelas 4 sampai 6 yang ‘ilmu’-nya sudah lebih banyak. Mereka diminta menulis tanggapan terhadap artikel maupun foto dari berita di Koran.

IMG_8104[1]IMG_8099[1]

Salah satu kegiatan yang menarik di kelas besar adalah menulis kata-kata khas atau nasihat yang sering disampaikan guru di kelas. Ternyataaaaa, kakak-kakak kelas 4 – 6 ini perhatian sekali lho terhadap guru-gurunya! Ibu-Ibu dan Bapak Guru tidak menyangkan kalau ucapan maupun ‘celetukan-celetukan’ mereka diingat oleh anak-anak.. hihihi…. Beberapa guru terlihat tersenyum-senyum maupun cekikikan sendiri membaca ‘nasihat’ mereka.

Kegiatan Puncak Pekan Bahasa berlangsung pada hari Jumat, 1 November. Di acara puncak kali ini, murid-murid Kembang diajak belajar bahasa isyarat!

133245

 

Dua orang kakak dari GERKATIN (Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) hadir di Sekolah Kembang. Mereka adalah kak Tina dan kak Ira. Kakak-kakak ini adalah penyandang tunarungu. Biar begitu, mereka hebat-hebat lho! Kak Ira adalah seorang arsitek, sedangkan kak Tina belajar sastra di UI. Ckckck… luar biasa!

Kak Ira dan Kak Tina dengan sabar mengajari murid-murid Kembang tentang bahasa isyarat untuk abjad A-Z, percakapan perkenalan, nama-nama anggota keluarga, sampai ‘bernyanyi’ bersama. Ya, ternyata kita bisa lho, bernyanyi menggunakan bahasa isyarat!

066          052

Seluruh murid tampak antusias sekali mengikuti kegiatan ini. Adik-adik TK dan SD 1-2 tampak berusaha keras mengikuti arahan ketika ‘bernyanyi’ bersama. Meskipun begitu, mereka tidak putus asa. Mereka bahkan bisa menghafalkan bahasa isyarat untuk keduapuluhenam abjad dengan benar, lho! Hebat!

266       313

322        339

Kalau kakak-kakak kelas 3-6 tampak lebih bersemangat lagi. Tidak hanya belajar untuk berkenalan, kakak-kakak kelas 3-6 antusias sekali untuk mempelajari percakapan sehari-hari yang lain. Misalnya, memuji teman, menceritakan pengalaman liburan, atau mengajak bermain. Mendadak aula SD jadi heboh! Bukan dengan suara, tapi dengan gerakan-gerakan tangan dan tubuh yang bersemangat!

Di akhir kegiatan, seluruh murid mengucapkan terima kasih (tentunya dengan bahasa isyarat) kepada kak Tina dan kak Ira. Sungguh sebuah pengalaman luar biasa! Terima kasih kak Tina dan kak Ira sudah berbagi dengan kami Smile

Kami pun kembali ke kelas dengan hati yang riang dan pengalaman yang sangat berharga

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: