SD 3: Mari Membaca Bersama!

Halo!

Kali ini, kami akan bercerita tentang kegiatan membaca yang kami lakukan di kelas. Hmm, apa yang unik ya dari kegiatan membaca? Kegiatan yang kami lakukan minggu ini cukup menarik, sebab guru kami menggunakan teknik baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Namanya Literature Circle.

Apa, sih, literature circle itu? Banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang teknik ini, mulai dari buku atau artikel yang dapat ditemukan dengan mudah melalui internet. Intinya, para murid dibagi ke dalam beberapa kelompok baca serta mereka semua memiliki peran yang penting, yang tentu saja berhubungan dengan isi bacaan yang sedang mereka baca.

Ragam kegiatan literature circle juga bermacam-macam. Guru kami menentukan peran-peran yang akan dijalankan oleh tiap murid. Ada Ahli Bertanya, Ahli Bercerita, Ahli Kosakata, dan Ahli Menjelaskan. Agar kami (dan ibu guru) tidak lupa siapa yang berperan sebagai apa, maka kami diberi stiker nama yang bertuliskan peran-peran kami tersebut.

Lalu, apa saja tugasnya? Ahli Bertanya bertugas membuat pertanyaan yang akan diajukan kepada teman-teman kelompoknya. Pertanyaan harus diawali dengan kata tanya Apa, Siapa, Mengapa, Bagaimana, Di mana, Kapan, dan Berapa. Tidak perlu semuanya, tapi beragam saja. Ahli Kosakata bertugas mencari dan menjelaskan makna kata-kata yang ditemukan di dalam bacaan, lalu menjelaskan dan mendiskusikannya bersama teman kelompok. Ahli Bercerita akan menceritakan kembali isi cerita yang dibaca dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Anggota kelompok yang lain boleh ikut menanggapi, lho! Nah, Ahli Menjelaskan akan menganalisa unsur ceritanya, mulai dari karakter, latar, sampai konflik dan penyelesaian masalahnya.

Bagaimana prosesnya? Tentu saja kami diminta membaca ceritanya terlebih dahulu. Agar tidak terlalu lama dan panjang, ibu guru meminta kami membaca per bab. Alat bantu lain yang juga digunakan adalah lonceng, yang akan dibunyikan sebagai tanda waktu membaca telah usai dan tibalah saatnya kami berdiskusi.

Minggu lalu, kami membaca serial Noddy yang berjudul Noddy Jadi Sopir Taksi. Kami belum selesai membacanya. Jadi, tunggu cerita kami selanjutnya, ya!

Sampai jumpa!

20131105-232834.jpg

20131105-232844.jpg

20131105-232839.jpg

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: