SD 6 Melakukan Kampanye Anti-Bullying

Bullying atau yang dalam bahasa Indonesia disebut perundungan, adalah fenomena sosial yang umum ditemukan di sekolah. Baik sekolah dasar, menengah, maupun sekolah tinggi (Universitas). Untuk mempersiapkan murid menghadapi hal tersebut, Sekolah Kembang memasukkan materi ini ke dalam pelajaran sehari-hari yang dirangkai dalam pelajaran Kelas Kami/Kelas Kita. Materi ini utamanya diberikan ke kelas-kelas genap (2, 4, 6). Tetapi kelas ganjil pun tidak terlepas dari tanggung jawab memberikan materi tersebut.

Murid-murid kelas 6 sudah hafal sekali dengan definisi bullying. Maklumlah, mereka telah belajar mengenai hal ini sejak duduk di bangku SD 3. Di kelas 6 ini, mereka kembali belajar bullying dengan penekanan pada cara mengatasi dan mencegah bullying. Mereka juga mempelajari berbagai jenis bullying. Tujuan akhir pelajaran ini adalah murid-murid kelas 6 dapat berbagi mengenai bahaya Bullying kepada adik-adik kelasnya.

Pelajaran bullying dilakukan melalui membaca LK, bermain peran, dan membuat presentasi. Kami juga membuat poster Cyberbullying Hero yang menggambarkan Pahlawan Anti-Cyberbullying. Memang saat ini cyberbullying sangat rawan terjadi. Penggunaan media sosial dan komunikasi via internet yang sudah sangat marak di kalangan remaja menimbulkan fenomena tersebut.

Kampanye anti-bullying dilakukan di hadapan kelas 4 dan 5. Temanya bermacam-macam: bullying fisik, sosial. verbal, dan cyberbullying. Murid-murid SD 6 membawa poster bergaya kolase yang dibuat sendiri, lalu melakukan sedikit bermain peran untuk memeragakan bentuk bullying. Di kampanye ini mereka juga memberikan tips-tips tentang apa yang dapat dilakukan apabila seseorang menjadi korban bullying. Selain itu, juga cara-cara mencegah terjadinya bullying terhadap diri masing-masing.

Semoga dengan kampanye tersebut adik-adik kelas 4 dan 5 menjadi lebih paham dan semakin sadar untuk mencegah terjadinya bullying dalam kehidupan sehari-hari.

2013-09-26 12.07.452013-09-26 12.07.502013-09-26 12.07.592013-09-26 12.07.54

Diagram Bullying

IMG_8005[1]IMG_7998[1]20131030_111338

Presentasi Bullying di Kelas 4 dan 5

Ads by HugeFAd Options

Ads by HugeFAd Options

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: