SD5: Model Bumi dari Plastisin Buatan Sendiri

Halo, berjumpa lagi dengan kelas 5! Dalam pelajaran IPA kuartal 2 ini, kami belajar mengenai satu tema besar yaitu bumi dan sekitarnya. Setelah menonton video pembentukan bumi, kami mengetahui bahwa bumi terdiri dari empat lapisan, yaitu kerak (kulit) bumi, mantel, inti luar dan inti dalam. Selain bumi, kami juga mengamati struktur matahari. Dari informasi tersebut, kami menggambar struktur bumi dan struktur matahari, berikut fakta-faktanya. Misalnya lapisan kerak bumi terdiri dari apa saja? (Jawabannya: daratan dan perairan). Wah, gambar dan tulisan kami harus jelas nih! Gambar ini akan dipakai untuk belajar menghadapi kuis. Kalau tulisannya tidak terbaca, nanti kami sendiri yang bingung 😉 Image Supaya lebih mantap lagi pemahamannya, ibu guru mengajak kami membuat model lapisan bumi  dari plastisin. Apakah plastisinnya sudah disediakan? Tentu tidak! Kami harus membuat plastisinnya sendiri! Oh nooo…. Ibu guru menenangkan,”Tidak apa-apa ya Nak, sudah kelas 5 SD berarti tantangannya bertambah.” Ternyata, ada guru TK B yang akan mendampingi kami. Beliau memang ahlinya membuat plastisin dari sabun parut ini. Selain itu, ada satu orang tua murid sedang berkunjung ke kelas. Wah, ramai sekali kelas kami! Yuk, kita bersama-sama bekerja 🙂 Berikut beberapa bahan untuk membuat kurang lebih 100 gram plastisin ini:

  • 30 gram parutan sabun
  • 7 – 10 sendok teh tepung maizena
  • 7 – 10 sendok teh lem Fox

Pertama, kami memarut sabun. Hmmmm… sabunnya wangi dan berwarna-warni! Selain melatih kelenturan, tangan kami jadi harum. Image Setelah itu, parutan sabun dicampur tepung maizena. Campuran parutan sabun dan tepung maizena ini boleh diblender supaya lebih halus dan tercampur rata. Image Berikutnya, tuangkan lem ke dalam campuran tersebut. Nah, silakan uleni sampai adonannya lembut!  Awalnya, struktur adonan ini basah dan kental. Tangan kami lengket sekali! Tapi ibu guru meyakinkan, kalau adonannya tidak lagi menempel di tangan, itu justru tanda-tandanya plastisin sudah hampir selesai. Orang tua murid dan para guru turut membantu menguleni. Image “Aduh… Pegal, Bu.” Mulai banyak terdengar seruan di sana-sini.  Tapi ketika plastisinnya sudah jadi, lupa rasa capainya deh! Terakhir. kami menyiapkan plastisin itu menyerupai lapisan-lapisan struktur bumi. Tambahkan warna menggunakan cat air dan gambar relief juga boleh. Puas sekali melihat model struktur bumi ini!  Orang tua murid juga ikut terkesan dengan hasil karya kami. ImageImage

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: