SD 6 Belajar Presentasi bersama Ahlinya!

 

Bagaimana cara melakukan presentasi yang baik sehingga orang dapat memahami presentasi kita?

Bagaimana cara menyusun slide presentasi  yang menarik dan mengena?

Hari Jumat minggu lalu, tepatnya tanggal 15 November, kelas 6 mendapatkan tamu istimewa! Hari ini, Pak Bowo, atau yang dipanggil Om Bowo oleh anak-anak, ikut belajar di kelas 6. Tapi, tunggu dulu… kurang seru ya, kalau hanya ikut mengamati atau membantu murid-murid di kelas… Wah, jadi kita suruh apa dong ?

Karena Pak Bowo cukup ahli dan berpengalaman di bidang saji-menyaji… Bukan, bukan sajian di restoran! Maksudnya, presentasi. Maklum, kalau sudah duduk di kelas 6, sering sekali melakukan kegiatan presentasi. Baik menggunakan papan presentasi biasa, maupun menggunakan slide komputer. Nah, agar murid-murid kelas 6 punya ilmu presentasi yang lebih ‘canggih’ lagi, perlu nih belajar dari ahlinya Smile

Pagi itu, sebelum kelas Presentasi, murid-murid mengulas kembali pelajaran komputer yang diberikan minggu sebelumnya. Wahh, ternyata masih ingat berbagai ilmu yang sudah dipelajari. bagus! Berarti semuanya memberi perhatian yang baik. Setelah itu, barulah kelas Presentasi bersama Pak Bowo dimulai.

Pak Bowo memulai dengan bertanya mengenai bentuk presentasi yang menurut murid-murid SD 6 dianggap menarik. Ada yang mengatakan karena menggunakan gambar yang lucu, tulisan yang jelas, atau warna-warnanya menarik. Setelah itu, Pak Bowo bertanya lagi, “Kalau presentasi yang mengena artinya apa?”

078

Wah, agak sulit ternyata pertanyaannya untuk murid-murid. Soalnya mulai muncul kerutan di kening, mata yang berputar, dan ekspresi wajah bingung. Hihihi…

Pak Bowo pun menjelaskan bahwa presentasi yang mengena artinya presentasi yang tepat sasaran. Si pendengar memahami isi presentasi kita dan penyaji mencapai tujuan presentasinya. Barulah muka-muka (yang terlihat) paham mengangguk-angguk.

083086

Dan mulailah Pak Bowo menjelaskan cara-cara membuat presentasi. Mulai dari prinsip-prinsip presentasi. Berapa banyak tulisan, slide, maupun kata yang terdapat dalam sebuah slide. Lalu dilanjutkan ke cara menampilkan gambar: gambar seperti apa yang sebaiknya dipilih, lalu bagaimana cara menyajikannya. Karena disertai contoh-contoh langsung maka murid-murid pun jadi lebih mudah memahami bentuk presentasi yang dianggap menarik dan mengena.

Oh ya, Pak Bowo juga memberikan strategi menarik untuk menyusun presentasi. Apakah itu? Ternyata, Pak Bowo menggunakan POST IT untuk membantunya membuat draft presentasi. Oooo, itu toh rahasianya… Menarik sekali lho! Post it tersebut dijajarkan, lalu diberi gambar atau tulisan. Setelah itu, barulah Post It diatur sesuai dengan keinginan penyaji. Trik ini tidak hanya berguna untuk menyusun presentasi, tapi juga bisa digunakan untuk menyusun cerita, karya tulis, bahkan pekerjaan sehari-hari.

Nah, kalau sudah belajar, kita harus praktik dong ya, agar tidak lupa dengan ilmunya!

Pak Bowo memberikan tugas  kepada murid-murid kelas 6 untuk menyusun sebuah presentasi pendek mengenai diri mereka sendiri. Wahhhh, langsung kelas mendadak sibuk, diselingi gumaman-gumanan diskusi. Ada pula yang bertanya cara memasukkan gambar, Dengan sabar, Pak Bowo dan Ibu Guru berkeliling untuk membantu murid-murid.

Di akhir sesi, beberapa murid melakukan presentasi. Bagus-bagus lho! Cepat sekali murid-murid kelas 6 belajar mengenai tips dan trik presentasi hari ini.  Terima kasih sudah berbagi ilmu, Pak Bowo!!

091089094095101103

121

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: