TK B: Tanaman di Kelas Kami!

Halo! Kita berjumpa lagi..cerita ini sebagai penutup kegiatan kami di kuartal 2. Kali ini kami akan bercerita mengenai tanaman. Ya, kami takjub ketika ibu guru menceritakan bahwa tanaman itu, sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Kami di ajak ibu guru untuk melakukan percobaan, mencari jawaban “apakah tanaman termasuk mahluk hidup?”, ya, biji-bijian yang kami tanam dengan kapas dalam gelas plastik itu tumbuh setelah disiram selama beberapa hari. Kami menanam jagung, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, dan kedelai. Lalu kami membuat laporan observasi, menggambar proses pertumbuhan benih yang kami tanam.

Image

Kami juga belajar, supaya tanaman tumbuh subur dan sehat, mereka membutuhkan air, sinar matahari, udara, dan pupuk atau tanah. Kami jadi tahu, bahwa fungsi akar adalah untuk menyerap air dan sari-sari makanan dari dalam tanah, lalu batang akan bertugas mengangkutnya ke daun dan bagian tanaman lainnya. Berikutnya giliran daun bertugas untuk memasak makanan, yang disebut proses fotosintesis. Kami pun mengerti kenapa bunga terlihat cantik dengan warna cerahnya, supaya serangga datang dan bisa membantu terjadinya penyerbukkan. Lihatlah hasil kreasi kami membuat bunga yang cantik!

Image

Tahukah kalian, duri tajam yang dimiliki pohon kaktus, ternyata itu daunnya! Tanaman kaktus mempunyai daun-daun kecil dan tajam agar hanya sedikit air yang menguap dan melindungi pohonnya dari binatang lain yang ingin memakannya. Seru sekali menyusun daun kaktus, yang berbentuk seperti duri.

Image

Ternyata, kami juga bisa bermain pecahan dengan gambar bunga yang diberikan ibu guru. Kami diminta mewarnai gambar bunga di kertas persegi berukuran sedang. Setelah selelsai, gambar tersebut harus dilipat dan dipotong menjadi 4 bagian. Lalu, 3 bagian gambar bunga ditukar dengan 3 teman kelompok meja, jadi kami memiliki 4 bagian gambar bunga yang berbeda. 1 kelompok meja harus menempelkan 4 bunga tersebut di kertas persegi besar. Bagus ya puzzle bunga yang kami susun bersama-sama!

Image

Kami juga membuat bunga sebagai hiasan, yang bisa dipajang di lemari atau pun meja di sebelah tempat tidur. Kelopak bunganya terbuat dari kertas warna yang dilipat. Setelah bunga dan daun ditempelkan pada stik es krim, kami harus menusukkannya pada egg carton sebagai gundukan tanah. Yiippiiee..kami berhasil membuat hiasan bunga yang indah!

Image

Lihat juga sun catcher yang kami buat menyerupai bentuk daun, bagus ya! Kami pun menikmati proses membuatnya, menempelkan kertas minyak warna-warni, sampai berlapis-lapis. Wah..sinar matahari bisa menembus kertas minyak yang berwarna, dan mengahasilkan perpaduan warna baru, seru!

Image

Ketika minggu evaluasi dan mengulang tema tanaman, kami sukses membuat pohon buah, dengan cara meremukkan kertas dan menyusunnya agar bagian daunnya terlihat rimbun. Pohon buah dengan aneka warna, hoorreee!!!

Image

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: