SD 3: Benda Ciptaan Sendiri

Halo!

Selamat tahun baru 2014 🙂

Kali ini kami akan bercerita tentang salah satu kegiatan evaluasi kuartal kedua lalu, yaitu Proyek Benda Ciptaan Sendiri.

Kami ditugaskan untuk membuat sebuah benda yang berhubungan dengan kegiatan Rekreasi atau Jalan-jalan. Mengapa demikian? Sebab Rekreasi merupakan sub tema kami kuartal ini.

Kegiatan ini mengukur mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya materi Benda dan Bahan. Kami telah belajar macam-macam bahan penyusun benda, seperti karet, kayu, plastik, logam, kertas, dan kaca. Nah, kami harus menggunakan minimal 4 jenis bahan dalam benda ciptaan kami.

Sebelumnya, kami sudah pernah melakukan hal yang serupa, namun saat itu kami membuatnya dalam bentuk gambar saja. Kali ini, selain diharuskan membuat rancangannya terlebih dahulu, kami juga ditugaskan membuatnya menjadi benda sungguhan 🙂

Saat merancang benda-benda ini, ibu guru telah meminta kami membuatnya dengan serinci dan sejelas mungkin, seperti nama benda, bahan-bahan penyusun benda yang digunakan, fungsi benda tersebut, serta alasan mengapa kami memilih menggunakan bahan tersebut. Oh ya, kami juga disarankan untuk menggunakan barang-barang bekas seperti botol plastik, kardus bekas pembungkus, stik es krim, dan sebagainya.

Saat evaluasi, kami sebenarnya diperbolehkan melihat rancangan yang telah kami buat, namun, sebagian besar dari kami merasa tidak perlu menggunakannya sebab kami masih ingat 🙂

Maka, mulailah hari evaluasi! Sebelum itu, ibu guru kami menjelaskan tentang kriteria penilaian yang digunakan. Kami akan dinilai menggunakan rubrik dan di dalam rubrik tersebut sudah jelas kriteria apa saja yang diminta dan berapa nilainya. Saat kami selesai bekerja, masing-masing dari kami akan berdiskusi dengan ibu guru untuk membicarakan benda ciptaan kami.

Apa saja yang kami buat? Silakan melihat foto-foto di bawah ini, ya!

Sampai jumpa!

20131228-191725.jpg

20131228-191736.jpg

20131228-191731.jpg

20131228-191745.jpg

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: