SD5: Ayo, Jelajah Indonesia!

Tema besar IPS di kelas 5 sepanjang kuartal 2 ini adalah mengenal potensi pariwisata Indonesia. Pada akhir kuartal, kami akan menyelenggarakan pameran pariwisata Indonesia. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mendorong potensi wisata yang ada di negara kita tercinta. Wuih, berat ya 😉  Tapi tidak terasa berat kok, karena senantiasa ada ibu guru yang mendampingi. Lagipula, ini merupakan salah bentuk cinta tanah air  ♥

Kami akan berperan pemilik biro travel. Secara berpasangan, kami membuat poster tentang salah satu propinsi, brosur perjalanan, hingga kartu nama perusahaan! Baru dengar tugasnya saja rasanya berkunang-kunang 🙂

Untuk memperjelas, kami mengundang tamu: Ibu Terry. Beliau merupakan pendiri biro perjalanan di situs www.negerisendiri.com dan orang tua alumni. Berikut beberapa tips membuat poster atau presentasi dari Ibu Terry:

  1. Melakukan riset atau survey terlebih dahulu
  2. Menggunakan foto jepretan sendiri
  3. Susun itinerary yang jelas

Tips yang sangat berguna! Sebagai tanda mata, Ibu Terry membagikan berbagai brosur, buklet dan poster tentang tempat wisata Indonesia yang super cantik ini.

Image

Setelah perbincangan ini, kami semakin mengerti langkah-langkah yang harus diambil sebagai biro perjalanan. Dengan kompak, kami bahu-membahu mempersiapkan poster. Tentunya bermodalkan hasil riset yang lengkap dong, terutama gambar.

ImageOh ya, kami akan mengulas propinsi yang potensi wisatanya luar biasa, namun belum terlalu populer. Misalnya Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Papua. Apa saja ya yang dapat kita lakukan di sana?

Poster? Selesai. Langkah berikutnya berarti membuat brosur. Informasi dalam brosur harus lengkap, mulai dari harga paket wisata, jadwal perjalanan, hingga foto-foto. Pfiuh… Semua berusaha mempersiapkan yang terbaik, sehingga semua semangat dan bekerja keras.

ImageTunggu cerita kami mengenai pameran pariwisata Indonesia ya! 

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: