SD5: Sistem Peredaran Darah Kita

Yuk, mengenal tubuh kita lebih lanjut. Sekarang, kami belajar mengenai sistem peredaran darah.

Darah?  Apakah kami harus terluka, lalu menganalisa darah yang menetes? Hihihi, tidak kok 😉

Kami kembali menonton video untuk memahami berbagai alat peredaran darah. Sambil menonton, kami langsung mencoba. Misalnya dengan memperhatikan pembuluh darah pada tangan. Kami juga menghitung denyut nadi pada pergelangan tangan atau leher. Betulkah denyut nadi kita berbeda saat kita duduk, berjalan dan berlari? Bagaimana dengan suhu tubuh dan pernapasan kita? Kelas langsung riuh dengan kami yang berjalan atau berlari di tempat. Silakan dicoba!

Selain pembuluh darah, kami mengenal jantung sebagai salah satu alat peredaran darah. Ternyata, jantung dan paru-paru erat sekali hubungannya. Hal ini terlihat saat kami menelusuri urutan peredaran darah  menggunakan benang.

Image

Kegiatan ini sangat membantu kami mengingat urutan peredaran darah besar dan kecil, empat ruangan jantung, serta tiga pembuluh darah yang berperan.

Image

Jantung? Sudah. Pembuluh darah? Sudah. Berarti tinggal satu lagi alat peredaran yang akan kami kupas: darah. Ternyata, darah tidak hanya berwujud cair. Ada bagian darah yang berwujud padat. Untuk mengenal bagian-bagian darah, kami membuat model darah menggunakan bahan makanan.

Berikut resep model darah apabila kamu ingin mencoba:

1.  Bagian cair – plasma darah = air

2.  Bagian padat:

a. 1. sel darah merah = permen merah

b. 2. sel darah putih = marshmellow

c.   Keping darah = kacang

Mudah sekali caranya. Kami tinggal menuang semua bahan-bahan tersebut dalam toples tembus pandang. Begitulah kurang lebih penampakan darah dalam tubuh kita!

Image

Berdasarkan model darah dalam toples, buku dan lembar kerja, kami pun menulis penjelasan mengenai bagian-bagian darah beserta fungsinya. Besar sekali jasa darah ya!  Apalagi saat kami mengenal istilah donor dan resipien darah, serta berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah.

Image

Pada akhir kegiatan, kami menarik kesimpulan bahwa kita perlu menjaga kesehatan alat pernapasan dan peredaran darah dengan berolahraga,  makan makanan yang bergizi, serta menghindari rokok dan alkohol.

Tiba-tiba terdengar celetukan,”Satu lagi Bu, kita harus mengikuti salah satu lagu: jangan begadang!”

#hahaha… Bisa saja kamu, nak 😉

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: