SD3: Koran “Hari Bumi”

Halo!

Minggu ini adalah minggu evaluasi di kelas 3. Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah membuat koran dengan tema Hari Bumi (Earth Day). Sekitar satu minggu sebelumnya, ibu guru telah memberitahu persiapan apa saja yang harus kami lakukan sebelumnya.

Kegiatan ini untuk mengukur pemahaman kami terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia. Sepanjang kuartal ketiga ini, kami belajar tentang keadaan cuaca dan alam, hubungan antar makhluk hidup dengan alam, serta mengidentifikasi aneka perilaku manusia terhadap alam.

Koran kami akan terdiri dari 8 halaman, dibuat dari kertas berukuran A3 yang dilipat menjadi dua. Ibu guru telah menentukan apa saja yang harus ditulis dan di halaman berapa. Berikut rinciannya:

  1. Halaman 1: sampul muka dan headline.
  2. Halaman 2: sejarah Hari Bumi –> kapan, siapa yang menggagas, serta apa tujuannya.
  3. Halaman 3 dan 4: 3 hal yang dapat saya lakukan untuk berpartisipasi pada Hari Bumi. Tiap perilaku harus dijabarkan manfaatnya, cara melakukan, serta kapan saja dilakukannya.
  4. Halaman 5, 6, dan 7: 3 contoh kegiatan perayaan Hari Bumi di Indonesia. Gambar tersebut juga harus dijelaskan πŸ™‚
  5. Halaman 8: refleksi dengan bercerita tentang apa yang sudah dapat dijelaskan; apa yang sudah diketahui; serta apa yang akan mulai dilakukan.

Ibu guru kami memberikan beberapa referensi yang harus kami baca sebagai bahan tulisan dalam koran kami. Sebagian besar referensi berbahasa Inggris, namun tidak apa-apa, untuk itulah kami diminta membaca dan memahaminya terlebih dahulu.

Pada hari evaluasi, kami semua membawa bahan-bahan kami. Beberapa dari kami membawa bahan yang sama! Tidak apa-apa, sebab pasti hasil koran kami akan tetap saja berbeda. Itulah serunya! Saat mengerjakan, kami diperbolehkan untuk bekerja di lantai. Pesan ibu guru kami hanya satu, semua pekerjaan harus selesai pada waktunya.

Seru sekali melihat kelas 3 pada waktu itu. Ada beberapa teman kami yang nampaknya sudah berlatih di rumah dengan membuat korannya sendiri, ada yang membawa buku catatan tebal berisi informasi apa saja yang akan ditulis di koran, bahkan ada yang membawa hiasan berupa stiker aneka bentuk yang sangat menarik!

Ketika kami sudah selesai, ibu guru meminta kami membandingkan pekerjaan kami dengan rubrik penilaian yang telah diberikan sebelumnya. Kami akan memeriksa sendiri kualitas pekerjaan kami, nilai berapa yang pantas kami dapatkan πŸ™‚

Koran-koran kami sudah jadi. Semuanya akan kami pamerkan saat pembagian rapor nanti πŸ™‚

Sampai jumpa!

20140320-125950.jpg

20140320-125957.jpg

20140320-130002.jpg

20140320-130008.jpg

20140320-130013.jpg

20140320-130022.jpg

20140320-130027.jpg

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: