Pemilu Kembang 2014

“Pemilihan Umum telah memanggil kita

S’luruh rakyat menyambut gembira..”


Pada tanggal 9 April lalu, rakyat Indonesia melaksanakan pesta demokrasi terbesar yang hanya dilangsungkan setiap 5 tahun sekali. Pemilihan Umum legislatif atau Pemilu legislatif, diselenggarakan untuk memilih para wakil rakyat yang akan duduk di DPR, DPRD, dan DPD. Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat, dapat mengikuti hajatan besar ini.

Kami, di kelas 6, belajar mengenai Pemilu di kuartal 3 yang baru saja berlalu. Seru sekali! Kami belajar tidak hanya dengan membaca dan mengerjakan lembar kerja, tetapi juga melaksanakan Pemilu di sekolah. Ya, Pemilu Kembang yang kami langsungkan setiap tahun.

Sebelum belajar mengenai Pemilu, kami belajar terlebih dahulu mengenai berbagai sistem politik. Kami jadi tahu ada sistem monarki, komunisme, demokrasi, dan lain-lain. Kami juga belajar menemukan persamaan dan perbedaan antar sistem demokrasi tersebut. Kami jadi tahu bahwa Pemilu hanya terjadi di sebuah negara demokrasi. Karena dalam sistem demokrasi, yang memegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Hal ini diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan Pemilu.

Kami belajar mengenai elemen-elemen dan sistem penyelenggaraan Pemilu di Indonesia melalui membaca booklet dari Komisi Pemilihan Umum. Kami pun berkenalan dengan istilah-istilah seperti KPU, Panwaslu, KPPS, dan partai politik. Setelah itu, barulah kami memilih peran-peran yang ingin kami jalankan dalam mock election atau Pemilu (Pura-Pura) Kembang.

Kami pun menyiapkan diri sesuai dengan peran yang kami pilih. Teman yang menjadi KPU sibuk menyusun jadwal kampanye. Ada pula Bawaslu yang menyiapkan aturan-aturan untuk partai politik. Bagi anggota KPPS, mereka sibuk merancang dan menyiapkan peralatan untuk hari pemungutan suara. Anggota partai politik tidak kalah sibuk. Mereka merancang logo, menyusun visi, misi, dan program kerja. Mereka juga melakukan kampanye ke SD 3 sampai SD 5. Berbagai poster parpol dan Pemilu juga dipasang oleh KPU di lingkungan sekolah untuk dibaca para calon pemilih.



Nah, akhirnya tibalah hari yang kami nantikan. Pemilu Kembang dilaksanakan pada jam istirahat kedua. Tampak seluruh pemilih yang terdiri dari adik-adik SD 3 sampai SD 5 dan guru-guru antusias mengantri untuk memberikan suaranya. Para petugas hari H pun berjaga di aula untuk memandu para pemilih.


Menjelang selesai, tiba-tiba tampak rombongan Ibu-Ibu kami yang penasaran ingin melihat pelaksanaan Pemilu Kembang. Wah, sekalian saja kami undang untuk mengikuti Pemilu Kembang! Senang sekali J



Di akhir hari, kami melakukan penghitungan suara. Sebelumnya, Bawaslu mengumumkan sanksi yang diterima beberapa partai karena pelanggaran saat kampanye dan pemilu. Siapa pemenangnya? Ini dia!


Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: