SD 3: Belajar Bersama Ma, Pa, Mary, Laura, dan Carrie (Little House on The Prairie)

Halo!

Tema kelas kami minggu lalu adalah Little House on The Prairie. Ini adalah sebuah cerita klasik tentang sebuah keluarga kecil yang sederhana. Keluarga tersebut terdiri dari Ma dan Pa serta tiga orang anak perempuannya yang bernama Mary, Laura, dan Carrie.

Kami beruntung di perpustakaan kami terdapat beberapa buku dari serial ini. Salah satu cerita yang kami baca adalah Rumah Kecil di Padang Rumput. Ceritanya tentang proses pembuatan rumah untuk Laura dan keluarganya. Di cerita itulah kami pertama kali berkenalan dengan para tokoh, mengetahui latar cerita, serta mengidentifikasi masalah dan penyelesaian yang ada.

image-6

Buku-buku yang kami gunakan

Kami juga belajar membandingkan keluarga Laura dengan keluarga kami dengan menggunakan Diagram Venn. Mulai dari jumlah saudara kandung yang dimiliki, jenis binatang peliharaan, suasana dan kondisi rumah, sampai model pakaian yang dikenakan. Selain itu, ibu guru juga meminta kami membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita. Kegiatan ini dinamakan pemahaman bacaan (reading comprehension).

image-4

Diagram Venn untuk membandingkan keluarga kami dengan keluarga Laura

 

Saat evaluasi Bahasa Indonesia, kami ditugaskan untuk menyusun laporan buku sederhana dari buku Ulang Tahun Anak Petani. Selain menceritakan isi buku secara singkat, kami juga harus cermat mengamati identitas buku seperti judul, nama penulis, tahun terbit, dan nama perusahaan yang menerbitkan buku tersebut.

securedownload

Isi laporan buku yang kami buat

 

Salah satu materi dalam pelajaran IPA kami adalah Energi. Kami diminta mengidentifikasi bentuk energi apa saja yang digunakan oleh Laura dan keluarganya. Kami juga dapat menjelaskan perilaku menyayangi alam yang ditunjukkan oleh Pa saat beliau urung menembak rusa yang tadinya hendak diburu untuk makan malam.

Pada pelajaran Matematika, kami belajar tentang Luas-Keliling Persegi dan Persegi Panjang serta bagaimana menghitungnya. Kami diminta merancang rumah Laura lengkap dengan kandangnya. Syarat dari ibu guru kami hanya satu, bentuk bangun yang boleh digunakan hanyalah Persegi dan Persegi Panjang. Kami bebas menentukan posisi dan bentuknya, dan setelah itu menghitung keliling dan luas dari tiap bentuk tersebut.

image-3 image-2Rumah dan kandang milik keluarga Laura hasil rancangan kami

 

 

image-5

Menghitung luas dan keliling dari beberapa hadiah ulang tahun Laura

 

Kami juga berdiskusi tentang kebiasaan dan cara bersyukur yang tepat. Kami diminta membuat doa syukur sederhana yang dipanjatkan Laura kepada Tuhan. Ia bersyukur atas keluarga yang lengkap dan penyayang dan makanan dan minuman lezat yang dapat dinikmati. Jika dikaitkan dengan cerita Ulang Tahun Anak Petani, kami diminta mendeskripsikan apa saja yang dapat disyukuri oleh Almanzo.

 

Tugas lainnya adalah merancang tokoh baru yang ‘ceritanya’ adalah teman baru untuk Laura. Tugas ini sedikit menantang sebab kami harus menciptakan ‘teman’ dengan kriteria tertentu, yaitu beragama Islam. Sebelumnya, kami diminta mencari 3 informasi mengenai agama Islam. Nah, informasi ini yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat tokoh baru tadi. Melalui kegiatan ini, kami dapat menjelaskan beberapa kewajiban dan kebiasaan umat Islam, hal apa saja yang dilarang, sampai tempat-tempat mana saja yang dianggap suci. Hasilnya? Laura memiliki 20 teman baru yang akan dengan senang hati berbagi pengetahuan tentang agama Islam.

image

 

Teman baru Laura yang bernama Yusuf

 

Tema ini diselingi dengan kegiatan menonton serial Little House on The Prairie yang dulu sempat populer sekali. Kebetulan, ibu guru kami memiliki DVD-nya. Kami jadi dapat melihat bagaimanakah penggambaran tokoh Pa, Ma, Laura, Mary, Carrie, Pak Edwards, suasana rumah, kota, dan bahkan kuda-kuda peliharaan mereka dengan lebih jelas:

Sampai jumpa!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: