Nasihat untuk Miss Honey dan Kawan-kawan

Halo!

Salam kenal dari kami, murid-murid kelas 3 SD Kembang tahun 2014/2015 ๐Ÿ™‚ Kami akan senang sekali berbagi cerita tentang kegiatan kami di kelas.

Saat ini, kami sedang membaca buku Matilda karangan Roald Dahl. Sudah sampai Bab 12, lho! Berarti, kami sudah sangat kenal dengan Matilda, kedua orang tuanya yang bernama Mr. dan Mrs. Wormwood, kakaknya yang bernama Michael, guru Matilda di sekolah bernama Miss Honey, serta kepala sekolah Matilda yang galak bernama Miss Trunchbull. Kami juga sudah tahu nama teman-teman Matilda, yaitu Fred, Hortensia, Lavender, Amanda Thripp, dan Bruce Bogrotter. Wah, semoga tidak ada yang ketinggalan, ya ๐Ÿ™‚

Minggu lalu, kami diminta memberi pujian dan saran untuk beberapa tokoh di dalam cerita Matilda, yaitu Mr. dan Mrs. Wormwood, Miss Honey, Miss Trunchbull, dan tentu saja Matilda. Ada tiga buah pernyataan yang harus kami lengkapi. Kami diminta menyebutkan sifat-sifat positif seorang tokoh, menjelaskan beberapa hal atau sifat dari tokoh yang masih dapat diperbaiki, dan apa saja yang dapat saya pelajari dari tokoh tersebut.

Pernyataan-pernyataan yang harus kami lengkapi adalah:

  1. Hai, (nama tokoh)! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah …
  2. Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu …
  3. Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain …

Saat menyelesaikan tugas ini, kami tidak diperkenankan memilih tokoh, melainkan ibu guru memberikannya secara acak kepada kami ๐Ÿ™‚ Jadi, kami harus bersiap-siap memutar otak untuk bisa mencari hal baik dari Miss Trunchbull atau hal kurang baik dari Miss Honey. Cukup menantang!

MR. WORMWOOD

SARANMATILDA2

Hai, Mr. Wormwood! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah:ย 

  • Langsung membukakan pintu ketika ada tamu yang mengetuk.ย 
  • Pintar berhitung.
  • Pintar mengutak-atik mobil sehingga bisa dijual dengan harga yang mahal padahal mobilnya sudah rusak.

Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu:ย 

  • Jangan terlalu sering menipu orang.
  • Jika ada tamu, sebaiknya harus langsung dipersilakan duduk.
  • Seharusnya kamu lebih mementingkan anak daripada menonton televisi.
  • Jangan memarahi anak kecil.
  • Jangan mengenakan pakaian yang norak dan tidak cocok.

Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain:ย 

  • Memiliki banyak pengetahuan tentang mobil.
  • Memiliki kemampuan berbisnis yang baik.

 

MATILDA

SARANMATILDA1

Hai, Matilda! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah:

  • Selalu menyapa.
  • Senang membaca buku.
  • Gemar menolong.
  • Sopan terhadap semua orang, termasuk orang-orang yang tidak dikenal.

Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu:

  • Jangan terlalu jahil terhadap Mr. Wormwood sebab itu tidak sopan.

Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain:

  • Kalau kita banyak membaca buku, maka kita akan banyak tahu dan cepat lancar membaca.
  • Kamu pintar tapi kamu tidak sombong.
  • Kepandaianmu dalam menyelesaikan perkalian dapat membantuku belajar.
  • Saya bisa belajar bagaimana menjadi orang yang ramah.

 

MISS HONEY

MATILDA4

Hai, Miss Honey! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah:

  • Sabar.
  • Suka berbagi.
  • Ramah saat mengajar murid-muridmu.
  • Selalu mengetuk pintu saat bertamu ke rumah orang lain.
  • Mau meminta maaf.
  • Berbicara dengan lembut dan sabar.

Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu:

  • Sebaiknya janjian dulu apabila hendak bertamu ke rumah orang lain.
  • Jangan bertamu terlalu malam.
  • Jika belum dipersilakan masuk, jangan langsung masuk ke rumah orang.
  • Jangan suka menggunakan kata-kata kasar saat berbicara.

Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain:

  • Sabar saat dihina Mr. dan Mrs. Wormwood.
  • Selalu berbagi buku bacaan dengan orang lain.
  • Selalu mengetuk pintu apabila hendak bertamu ke rumah orang lain.

 

MRS. WORMWOOD

MATILDA3Hai, Mrs. Wormwood! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah:

  • Sayang terhadap Mr. Wormwood.
  • Mau bersabar menunda menonton acara televisi kegemaranmu saat Miss Honey datang berkunjung.

Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu:

  • Lebih sayang terhadap Matilda.
  • Cobalah untuk membeli makanan yang lebih sehat atau memasak makanan.
  • Lebih peduli terhadap orang lain.
  • Jangan terlalu banyak menonton sinetron.
  • Jangan suka makan di depan televisi, makanlah di meja makan!

Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain:

  • Sayang terhadap ayah saya.
  • Mau bersabar saat ada tamu.

 

MISS TRUNCHBULL

MATILDA6

Hai, Miss Trunchbull! Senang sekali bisa berkenalan denganmu. Menurut saya, sifat-sifat positif dari dirimu adalah:

  • Kamu senang berolahraga.
  • Kuat dan berani.

Saya pikir, ada beberapa hal dari dirimu yang masih perlu diperbaiki, yaitu:

  • Kamu harus bisa mengontrol emosi.
  • Jangan terlalu cepat marah.
  • Kalau berjalan harus lihat-lihat, jangan menabrak anak-anak.
  • Mencoba berbicara dengan lebih lembut.

Saya belajar beberapa hal baik dari kamu, antara lain:

  • Saya akan lebih berani dan tegas.
  • Belajar olahraga lempar martil.

Apakah kalian sudah membaca buku Matilda? Jika sudah, kira-kira apa saja yang dapat kalian pelajari? ๐Ÿ™‚ย 

Sampai jumpa!

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

