SD 3: Sentra Belajar di Kelas 3

Halo!

Kali ini kami akan berbagi mengenai cara belajar yang baru saja kami lakukan minggu lalu. Kami belajar dengan cara Sentra Belajar atau Learning Centers.

Saat belajar dengan model seperti ini, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil. Tiap kelompok mewakili satu jenis sentra yang akan digunakan pada hari itu. Pemilihan bentuk sentra didasarkan pada teori Multiple Intelligence dari Howard Gardner.

Ada lima sentra yang kami gunakan minggu lalu, yaitu Sentra Bahasa, Sentra Matematika, Sentra Visual-Spasial, Sentra Interpersonal, dan Sentra Intrapersonal.

Di Sentra Bahasa, kami diminta membuat Laporan Buku dan melengkapi Piramida Cerita. Ibu guru menyediakan sejumlah buku bacaan di dalam sentra untuk kami pilih, baca, dan kemudian dibuat laporan bukunya. Laporan buku yang kami buat harus berisi keterangan mengenai judul buku, nama pengarang, penokohan, latar, dan masalah dan penyelesaian. Kami juga diminta menjelaskan bagian cerita mana yang merupakan favorit kami serta alasannya.

Setelah laporan buku, ada lembar Piramida Cerita yang harus kami lengkapi. Ada lima tingkat pertanyaan yang menunggu untuk dijawab. Cukup menantang!

image-11

image-3

Kegiatan di Sentra Bahasa

Sentra Matematika berisi serangkaian tugas untuk menyelesaikan soal-soal operasi hitung Penjumlahan dan Pengurangan. Ada yang terdiri dari angka-angka, dan ada pula bentuk soal cerita. Jumlahnya cukup banyak 🙂

image-5

image-6

Kegiatan di Sentra Matematika

Di Sentra Visual-Spasial, kami diminta menciptakan sebuah dunia baru. Dunia tersebut diwujudkan dalam bentuk peta dunia yang harus kami gambar sendiri. Selain itu, kami juga diminta menambahkan berbagai macam kenampakan alam yang sudah kami pelajari, seperti gunung, teluk, sungai, danau, tanjung, semenanjung, kawah, dan sebagainya. Ibu guru juga memberikan serangkaian instruksi mengenai letak-letak kenampakan alam yang harus kami tentukan dan gambar.

image-7

Kegiatan di Sentra Visual-Spasial

Sentra Interpersonal berisi kegiatan yang berhubungan dengan interaksi kami dengan orang lain, dalam hal ini dengan teman-teman kami di kelas. Kami diharuskan bekerja dengan dua sampai tiga orang teman. Tugas kami adalah menuliskan 10 fakta tentang teman tersebut lalu menyarankan tiga jenis profesi atau pekerjaan yang kira-kira sesuai dengan teman kami. Tolok ukur sesuai atau tidaknya pekerjaan yang kami sarankan adalah kesepuluh fakta yang kami tuliskan tadi. Saat menulis fakta ini, kami diperbolehkan mewawancarai teman tersebut.

Ternyata hasilnya cukup menarik! Ada seorang teman kami yang dianggap memiliki pengetahuan yang luas tentang sepatu merek Puma, maka saran dari pasangannya adalah menjadi seorang penjual sepatu Puma yang sukses saat dewasa nanti 🙂

Sentra kelima adalah Sentra Intrapersonal. Intrapersonal berarti hubungan dengan diri sendiri. Sejauh mana kami mengenal diri sendiri? Tugas kami di dalam sentra ini adalah mengisi kolom Real Self vs Ideal Self. Konsep ini adalah konsep yang sangat baru untuk kami. Kami kini tahu bahwa yang dimaksud dengan Real Self adalah keadaan kami saat ini, mulai dari ciri-ciri fisik, kemampuan dan keterampilan yang kami miliki, dan sifat-sifat kami. Ideal Self adalah gambaran diri yang ideal menurut kami. Adakah dari diri kami yang ingin diperbaiki atau bahkan diubah?

Setelah mengisi kolom Real Self dan Ideal Self, kami lalu menuliskan cara atau usaha apa yang dapat kami lakukan untuk mencapai Ideal Self tersebut 🙂 Doakan kami semoga kami bisa mencapai Ideal Self kami, ya!

Kelima sentra ini dilakukan secara bersamaan. Tiap sentra terdiri dari 3-4 anak. Ibu guru memberikan waktu sekitar 40 menit untuk dihabiskan di satu sentra, dan ketika bel dibunyikan, maka itulah saatnya kami berganti ke sentra yang lain.

Sampai jumpa!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: