SD 5: Saya Pengusaha

Halo… kali ini kami akan berbagi mengenai salah satu tema di kelas 5, yaitu Saya Pengusaha.

Pada mulanya, kami mempelajari bentuk-bentuk usaha, melalui kegiatan membaca di kelas. Selanjutnya, kami berdiskusi mengenai kepemilikan, modal usaha, jalannya usaha, serta pembagian keuntungan. Diskusi ini berjalan lancar. Tampaknya, sebagian besar dari kami tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asal modal sebuah usaha dan pembagian keuntungan. Lalu, kami memfokuskan diri mempelajari Koperasi.

Materi “Koperasi” kami pelajari dengan membentuk Koperasi Kelas 5 sungguhan. Awalnya, kami mengadakan musyawarah untuk memilih Ketua. Berdasarkan musyawarah, Zavi terpilih menjadi Ketua Koperasi SD 5. Selanjutnya, kami mengadakan rapat untuk memilih pengurus lengkap koperasi. Untuk rapat kali ini, Zavi yang menjadi pemimpin rapatnya.

Rapat pemilihan pengurus anggota koperasi berjalan ramai dan lancar. Seluruh anggota dapat memberikan berbagai masukan, disertai alasan yang tepat. Setelah beradu pendapat, akhirnya kami dapat menentukan kepengurusan Koperasi SD 5.

Rapat selanjutnya adalah rapat penentuan jumlah modal, jenis makanan/ minuman yang akan dijual, waktu penjualan, serta harga jual. Jadi, total rapat yang kami lakukan di kelas berhubungan dengan kegiatan ini sekitar 4 kali. Ternyata, memimpin dan mengikuti rapat, bukan kegiatan yang mudah ya…

Rapat KOPERASI

Setelah melakukan berbagai rapat, kami memasuki minggu-minggu tenang. Dalam minggu-minggu ini, kami hanya menyetor iuran wajib kepada Lala sebagai pencatat buku kas, untuk disampaikan kepada Rara, sebagai bendahara. Oh iya, pada minggu ini, tim pemasaran bertugas untuk mempromosikan Koperasi SD 5 di kelas 1-4, dan 6.

Setelah 4 minggu, uang pun terkumpul. Hari penjualan pun tiba. Seluruh anggota siap bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi para pelanggan. Sampai-sampai, berfoto pun kami lupa. Rasanya lelah, namun kami gembira. Apalagi, ketika tiba waktunya menghitung hasil usaha dan pembagian hasil usaha. Rupanya, kami mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Alhasil, semua pun pulang dari sekolah pada hari penjualan, dengan wajah gembira.

     Koperasi_penjualan               Koperasi_pembeli

Satu minggu setelah pelaksanaan Koperasi SD 5, kami mendapatkan undangan untuk berkunjung ke Bursa Efek Indonesia. Setelah pernah mendengar kata ‘saham’ saat membahas bentuk usaha, akhirnya kami melihat, mendengar, dan mencoba bermain dengan saham. Memang, dari seluruh penjelasan yang diberikan, mungkin kami hanya ingat dan paham beberapa saja. Namun, yang terpenting, dari kunjungan ini, kami jadi tahu bahwa selain menabung, kita juga harus berinvestasi, untuk menjamin masa depan lebih cerah.

Kunjungan BEI

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: