Catatan Guru: Ibu Arum

Ibu Arum

Ibu Arum

Pekerjaan sebagai guru bukan menjadi cita-cita atau impian masa kecil saya. Cita-cita saya dulu adalah menjadi kasir di sebuah toko atau menjadi pramugari. Seiring berjalannya waktu, saya merasa tidak begitu ingin lagi menjadi kasir. Saat SMP, saya harus mengenakan kacamata sehingga kandaslah impian menjadi seorang pramugari.

Minat bekerja di dalam dunia pendidikan mulai timbul saat mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan. Saat itu, dosen menugaskan mahasiswa membuat program pengajaran untuk tingkat pendidikan tertentu. Saya menyelesaikan tugas itu dengan senang dan nyaris tanpa hambatan.

Pekerjaan pertama saya sebagai guru Sekolah Dasar dimulai di Sekolah Kembang hampir 7 tahun yang lalu. Sejak saat itu, saya merasa yakin bahwa menjadi guru adalah pekerjaan yang tepat untuk saya. Menjadi guru membuat saya berani mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan diri saya. Saya ditantang untuk membuka pikiran seluas-luasnya, bertemu dengan beraneka macam karakter manusia sebanyak-banyaknya, membaca jauh lebih banyak buku dari biasanya, serta memecahkan masalah yang belum pernah saya temui sebelumnya.

Sepanjang pengalaman saya menjadi guru, sangat banyak momen menarik yang saya alami. Semuanya menyenangkan. Salah satunya adalah saat para murid ingat dan mampu menggunakan keterampilan yang sudah diajarkan dalam kehidupan mereka. Saya sering menggunakan istilah ‘kepala dingin’ saat menjelaskan tentang resolusi konflik kepada mereka. Sungguh menyenangkan mendengar kalimat ‘Kita harus menyelesaikan masalah ini dengan kepala dingin!” keluar dari mulut para murid saat mereka sedang mengalami konflik di sekolah. Mereka tidak lagi datang untuk mengadukan masalah, melainkan mencoba menyelesaikannya sendiri dan baru datang kepada saya untuk melaporkan hasilnya.

Bagi saya, menjadi guru adalah juga menjadi orang yang dapat menginspirasi orang lain, terutama para murid. Menjadi guru juga mengajarkan saya untuk berbesar hati, sebab guru bukanlah sumber belajar yang utama di kelas. Di Sekolah Kembang, murid dan guru belajar dan berkembang bersama-sama 🙂

Ibu Arum saat ini mengajar di SD 3. Ia menyukai Disney’s Princess, pita, dan polkadot.

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

One comment

  1. Pingback: Catatan Guru: Ibu Arum | Sekar Ayu Adhaningrum

Leave a Reply

