Catatan Guru: Terima Kasih, Kembang!

Ibu Fenty

Ibu Fenty

Jam terbang saya di Sekolah Kembang memang masih rendah. Jadi, bukan hanya murid – murid yang belajar di kelas. Tetapi, saya juga banyak belajar dan mengembangkan keterampilan diri di dalam kelas. Cita – cita menjadi seorang Guru adalah impian besar saya sejak masih duduk di bangku TK. Sekolah Kembang adalah tempat pertama yang bisa menjadikan makna kata Guru itu melekat dalam diri saya hingga saat ini.

Menjadi guru bagi saya adalah profesi yang mulia. Guru ibarat lilin yang menyala. Lilin itu rela membakar dirinya, hanya untuk menerangi jalan orang lain. Begitulah guru. Rela berkorban dan berjuang demi menerangi masa depan anak didiknya. Perjalanan untuk mewujudkan impian besar itu tidaklah mudah. Butuh waktu panjang dan perjuangan besar dalam prosesnya.

Saya tiada henti bersyukur karena benar-benar bisa dipanggil Ibu Guru, memiliki banyak murid, mengoreksi hasil pekerjaan anak-anak yang hebat, bercanda dengan mereka, dan melakukan banyak hal seperti yang ada dalam angan-angan saya tentang guru, 20 tahun silam.

Sekolah Kembang telah memberikan saya kesempatan dan banyak pengalaman luar biasa. Saya belajar bahwa mengajar itu harus bergairah, fokus, peka terhadap anak-anak, dan tentunya, mencintai tanggung jawab yang diamanatkan. Bukan hanya itu, di Sekolah Kembang saya juga belajar untuk memahami dan mengembangkan potensi anak, bertanggung jawab, bekerja sama dengan rekan kerja, serta belajar untuk terus kreatif dan selalu memberikan inovasi baru di dalam maupun di luar kelas.

Sejak 3 bulan yang lalu, saya dipercaya untuk mengajar murid-murid SD 2. Anak-anak kelas ini tumbuh dan berkembang dengan luar biasa. Mereka aktif. Hampir setuap anak memiliki jiwa seorang pemimpin. Mereka juga cerdas, percaya diri, dan bahagia selalu. Karakter mereka sangat beragam. Tetapi, keakraban dan kasih sayang antar teman sangat terasa.

Saya sangat menyayangi mereka seperti buah hati sendiri.

Rutinitas saya setiap pagi ketika tiba di kelas adalah menyapa serta menjawab salam anak-anak satu persatu. Itu mungkin sesuatu yang biasa. Namun, hal itu adalah suntikan positif yang memberikan energi besar bagi saya untuk memulai aktivitas mengajar. Ditambah lagi ketika mendengar celotehan dari mereka, dan bertemu rekan kerja yang menyenangkan.

Ternyata menjadi Guru itu amat – sangat membanggakan.

Kini, impian menjadi seorang guru sudah dapat saya raih. Kesuksesan sudah di depan mata. Tetapi kesuksesan yang utama ialah ketika menyaksikan anak-anak yang saya ajar tumbuh menjadi manusia yang berguna bagi lingkungan sekitarnya dan negara. Semoga Sekolah Kembang adalah awal mereka menuju ke sana.

Terima kasih, Sekolah Kembang. Karena telah menghadirkan ukiran indah dalam kisah hidup saya.

Semoga semakin banyak generasi muda yang bercita-cita menjadi seorang guru.

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

