Sabun Buatanku Sendiri!

Pada bulan September yang penuh keceriaan ini, sesuai dengan tema minggu ke-5 tentang Kebersihan Diri,  TKA kedatangan tamu. Siapakah dia? Oh oh, ternyata ada Ibu Ayu Sumatera, ibu dari teman kami di TK A Padma! Beliau akan memperkenalkan cara membuat sabun kepada anak-anak kelas TKA Cempaka dan TKA Padma  dari bahan-bahan alami.  Kami sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini!

Kegiatan bersama ini kami lakukan di aula TK. TKA Cempaka dan Padma berkumpul dengan tertib di sekeliling meja yang berisi berbagai alat dan bahan. Hmmm, untuk apa ya, alat-alat ini? Untung Ibu Ayu tidak membiarkan kami kebingungan! Sebelum membuat sabun, beliau dengan senang hati menceritakan nama-nama serta fungsi berbagai alat dan bahan yang akan kami gunakan. Ada baskom, yang kami sudah tahu karena sering melihatnya di sekolah. Ada pula sarung tangan dan masker untuk melindungi tangan serta hidung kami. Lalu, ada mixer tangan untuk mengocok, gelas ukuran, cetakan agar-agar, dan cetakan sabun dari kayu. Sedangkan untuk bahan-bahannya, kami berkenalan dengan minyak zaitun, minyak kelapa, soda kaustik, serta pewangi.

Berikut ini adalah proses pembuatan sabun yang kami lakukan.

Yang pertama dilakukan adalah melarutkan NaOH (soda kaustik) dengan air murni. Langkah pertama ini dilakukan Ibu Ayu di rumah beliau karena cukup berbahaya untuk anak-anak. Ibu Ayu membawa larutan yang sudah disiapkan ke TK Kembang dan memperlihatkannya pada anak-anak.

20150903_103511 20150903_103522

Langkah kedua adalah, mempersiapkan minyak-minyak yang akan digunakan (minyak kelapa dan minyak zaitun). Pada langkah ini, kami ikut menentukan ukuran kedua bahan tersebut. Kami sudah bisa membedakan cairan mana jumlahnya lebih banyak dan yang lebih sedikit.

20150903_103535

Langkah ketiga adalah memasukkan larutan NaOH ke dalam minyak. Agar tercampur, maka harus diaduk menggunakan spatula dan hand-blender sampai agak kental. Beberapa dari kami bergantian membantu Ibu Ayu mengaduk larutan NaOh dengan minyak. Semua sangat bersemangat untuk membantu!

20150903_104609 20150903_104641

Setelah campuran mengental, kini saatnya kami memasukkan pewangi (essential oil atau fragrance oil). Kami menggunakan minyak peppermint dan minyak lemon. Terbayang betapa harumnya sabun kami nanti. Agar tercampur dengan baik, kami aduk-aduk sebentar. Nah, tampaknya adonan sudah siap untuk dicetak!

Bu Ayu sudah membawakan kami dua cetakan yang lucu-lucu. Gemas sekali melihat bentuk-bentuknya. Ada kelinci, ada bunga.. wahhh, jadi tidak sabar ingin menuang adonannya! Kami bergantian menuang adonan sabun ke dalam cetakan. Harus cepat-cepat, soalnya adonan cepat membeku 🙂 Kami dibantu oleh Ibu Guru dan Ibu Ayu. Oh ya, menuangnya harus hati-hati dan menggunakan sarung tangan, ya. Agar tangan kita tidak gatal maupun terluka.

20150903_105333  20150903_105310

20150903_110034

Setelah dituang, adonan didiamkan hingga 24 jam atau sampai mengeras. Baru setelah itu dikeluarkan dari cetakan, dipotong, dan didiamkan selama 6-8 minggu agar kadar airnya berkurang dan sabun menjadi lebih keras (padat).

20150907_120903 20150907_120503

20150907_120644

Tak sabar rasanya menunggu 6-8 minggu lagi untuk bisa menggunakan sabun kami yang lucu-lucu ini!

Terima kasih banyak Ibu Ayu untuk kunjungannya ke TK A Padma dan TK A Cempaka. Kami senang sekali bisa belajar membuat sabun! 🙂

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: