TK Kembang Berkenalan dengan Dokter Gigi!

Di akhir bulan September, tema kegiatan belajar di TK Kembang adalah profesi dan cita – cita. Kegiatan yang kami lakukan berkaitan dengan berbagai macam profesi yang ada. Mulai dari menjadi seorang pemadam kebakaran, dokter, sampai pembawa berita. Pada bulan itu pula, kami kedatangan tamu istimewa! Siapa ya kira – kira? Wah, ternyata seorang dokter gigi dan pemain musik! Senang sekali rasanya kami dapat mengetahui lebih banyak mengenai profesi dokter gigi dan pemain musik.  Kali ini, kami bercerita tentang profesi dokter gigi dulu, ya!

Pada tanggal 16 September 2015, kami kedatangan Ibu Tasya yang berprofesi sebagai dokter gigi. Seluruh anak berkumpul di aula TK untuk belajar dan bermain bersama Ibu Tasya. Sebelumnya, ibu Tasya memperkenalkan diri serta menceritakan tugas dan tempat kerja dari seorang dokter gigi. Beliau juga menjelaskan kepada kami tentang jumlah gigi, bentuk gigi, bagian gigi, serta fungsi dari masing – masing bagian

Lihat! Ibu Tasya punya boneka gigi!!

177

Boneka gigi tersebut beliau gunakan untuk memberitahu nama dan bentuk jenis – jenis gigi. Selain itu, beliau juga mencontohkan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Jadi, begini cara menyikat yang benar menurut Ibu Tasya:

  • Pertama, sikat bagian depan gigi ke atas dan ke bawah.
  • Kemudian, sikat bagian samping ke kiri dan ke kanan.

Beberapa teman kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktik menyikat boneka gigi tersebut. Semua terlihat antusias untuk mencobanya. Tidak hanya menyikat boneka gigi, tetapi beberapa perwakilan dari TK juga diajak Ibu Tasya untuk menyikat gigi sendiri dengan cara yang baik dan benar. Dengan menggunakan sikat gigi yang sudah kami bawa, kami belajar menyikat seluruh bagian gigi seperti yang diarahkan ibu Tasya.

Kami juga bermain menjadi dokter gigi dan pasien. Masing – masing anak yang menjadi dokter gigi diberikan sarung tangan untuk menjaga kebersihan ketika sedang menyentuh atau memegang gigi pasien. Ibu Tasya juga memberikan kaca mulut yang berguna untuk melihat gigi bagian dalam. Bagi anak yang menjadi pasien, masing – masing mendapatkan celemek dan tisu untuk menjaga baju tetap bersih.

Wah, seru sekali berpura – pura menjadi dokter gigi, seperti dokter gigi yang sebenarnya! Kami bertanya keluhan pasien yang sedang kami periksa. Tidak hanya itu, kami juga memberikan saran ketika melihat ada gigi yang kotor, hitam, atau bolong di mulut pasien.

Seluruh anak tertarik untuk mencoba. Tetapi, sayang sekali waktunya terbatas. Terima kasih, ibu Tasya, telah mengajak kami mengenal profesi dokter gigi dan berbagi pengetahuan mengenai kebersihan gigi.

265

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: