Belajar bersama Goldilocks dan Tiga Beruang

Semangaattttt pagiiii!

Kami, SD1, ingin berbagi cerita tentang aneka kegiatan kami 🙂

Di sepanjang kuartal kedua ini, kami mempelajari tema Lingkungan Sekitar. Melalui tema ini, kami diajak untuk mengeksplorasi berbagai karakteristik lingkungan sekitar kami, dan bagaimana peran kami untuk membantu terwujudnya lingkungan yang sehat.

Kami mulai dengan menonton video tentang Rumah Sehat Susie dan Jerome, juga mendengarkan cerita Goldilocks dan Tiga Beruang.

Melalui kedua cerita itu, kami diajak untuk mengidentifikasikan bagian-bagian dari rumah dan mendeksripsikan berbagai karakteristtik rumah sehat.

Di kelas, kami berdiskusi bersama tentang bagaimana karakteristik rumah sehat, dan pentingnya rumah sehat bagi keberlangsungan hidup kami sebagai para penghuni rumah.

Kami sepakat bahwa, rumah yang sehat itu adalah rumah yang bersih, aman, memiliki udara segar (ventilasi – jendela yang rajin dibuka), kering, bebas dari serangga, dan memperbaiki kerusakan.

Melalui cerita Goldilocks, kami juga belajar untuk mengamati dan memahami pentingnya sebuah peraturan dibuat. Kami membuat peraturan rumah sebagai salah satu cara yang dapat membantu keluarga beruang memiliki tempat tinggal yang sehat.

Inilah peraturan yang kami buat untuk keluarga beruang 🙂

Kami pun diajak berdikusi tentang perbuatan yang sudah dilakukan oleh Goldilocks. Ibu Wendy bertanya, “Apakah suatu hari Goldilocks boleh kembali bermain dan mengunjungi rumah tiga beruang?”

Inilah aneka jawaban kami:

“Boleh, tapi lain kali harus lebih sopan”.

“Boleh, tapi kalau tidak ada orang di rumah, tanyaaaa…jangan ngintip kayak maling”.

“Tidak boleh, nanti rumah tiga beruang berantakan lagi”.

“Boleh, tapi harus bertanggung jawab”.

Jadi, di kelas kami juga mempelajari apa itu perilaku bertanggung jawab. Bertanggung jawab adalah melakukan tugas sebaik-baiknya, tanggung jawab adalah menjaga, merawat barang-barang, membantu orang lain yang butuh bantuan, dan tanggung jawab adalah bersedia mengakui kesalahan – mau meperbaikinya.

Bagaimana cara terbaik untuk membantu Goldilocks?

Kami sepakat untuk membantu Goldilocks bersikap lebih baik dan mau memperbaiki kesalahan. Kami membuat Peraturan Bertamu agar Goldilocks belajar untuk bersikap lebih baik lagi ketika mendatangi rumah tiga beruang 🙂

DSC_0286DSC_0287DSC_0288

 

Kami juga membuat surat permintaan maaf dari Goldilocks untuk tiga beruang.

DSC_0538[1]DSC_0539[1]

Apa yang selanjutnya kami lakukan?

Kami diajak untuk membandingkan keadaan rumah tiga beruang sebelum dan sesudah kedatangan Goldilocks, ternyata………. sangat berantakan sekaliiiiiii…:)

“Kalau kotor, tidak sehat”.

“Kalau berantakan, udaranya jadi berdebu”

“Harus dibersihkan”

Kami pun membuat daftar alat-alat kebersihan yang dapat membantu membersihkan rumah tiga beruang. Selagi melakukan hal tersebut, kami juga berkenalan dengan aneka wujud benda dan bahan yang digunakan untuk membersihkan kembali rumah tiga beruang.

“Pakai sapu untuk bersihin lantai kotor”.

“Mangkuk buburnya dicuci, bu Wendy”

“Kursinya yang patah diperbaiki”

“Meja makan dilap karena bubur tumpah”.

“Tempat tidur diberesin”

Kami antusias sekali untuk membantu Tiga Beruang memperbaiki keadaan rumah yang berantakan. Jadilah di kelas, kami membuat alat kebersihan untuk membersihkan meja kelas. Otomatis kami pun turut menjaga kebersihan kelas kami!

Karena, bukan hanya Tiga Beruang dan Goldilocks yang bertanggung jawab. Kami pun bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang sehat 🙂

DSC_0300

Sebagai penutup petualangan bersama Goldilocks dan Tiga Beruang, kami diajak untuk memasak menu bubur bersama bu Wendy. Seru! Kami  sekaligus belajar mengamati perubahan wujud benda yang terjadi dalam proses memasak bubur.

Ini dia bubur buatan kami. Hmmm, lezzzzaaaaaattttttt!

Sampai jumpa di cerita kami selanjutnya!

Salam Bahagia dari kami,

Bu Wendy, Bu Ayu, Bu Ana, dan SD1 🙂

 

 

 

 

 

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: