Para Penolong di Sekitar Kami

Mengawali tahun 2016 Kuartal 3, SD1 belajar mengenal para pahlawan-penolong di sekitar mereka. Sebelumnya, kami berdiskusi bersama mengenai arti dari kata ‘pahlawan’. Banyak sekali penjelasan menarik dari anak-anak, seperti berikut ini:

“Pahlawan itu orang yang membantu orang lain”

“Pahlawan itu ibu Kartini”

“Pahlawan itu yang menangkap orang jahat”

“Pahlawan itu yang dulu perang”

Anak-anak menyimpulkan bersama bahwa pahlawan itu adalah orang-orang yang melakukan hal baik untuk membantu/menolong orang lain. Kemudian mereka membuat gambar berbagai pahlawan yang mereka ketahui dengan menjelaskan alasannya.

 

Kelas 1 juga mengerti bahwa pahlawan tidak harus selalu orang-orang yang berperang dan sudah meninggal. Mereka belajar bahwa ternyata banyak sekali pahlawan (penolong) di sekitar mereka, yaitu orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka.

Lalu, kami mengajak anak-anak untuk mengamati orang-orang berkegiatan di lingkungan sekolah, yang tentunya melakukan hal bermanfaat bagi orang lain.

Inilah hasil pengamatan mereka 🙂

“Bu Lucky sedang mengajar kakak kelas 6 di Aula”

“Bu Janti sedang mengajar olahraga”

“Kak Fuad sedang mengajar olahraga”

“Bu Yani sedang menjaga makanan”

“Bu Tari sedang membagikan surat”

Kami berdiskusi tentang bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja tersebut dapat memberi manfaat bagi setiap anak dan penghuni Sekolah Kembang. Untuk membantu kelas 1 memahami secara mendalam, maka mereka juga melakukan kegiatan wawancara para pekerja yang ada di sekolah. Sebelumnya, kami telah mengajak anak untuk menyimpulkan jenis pekerjaan yang terdapat di sekolah. Anak-anak dibagi ke dalam kelompok wawancara guru, petugar parkir, resepsionis, penjual makanan, kepala sekolah, tukang, dan petugas kebersihan.

 

Setelah anak belajar memahami bagaimana peran para pekerja di lingkungan sekolah terhadap tumbuh kembang mereka, kami juga mengajak anak untuk mengenal berbagai profesi lainnya. Kami memulainya dengan presentasi satu profesi kesukaan setiap anak dan bagaimana profesi tersebut dapat berguna bagi kehidupan orang lain. Anak-anak terlihat bersemangat dan gembira saat harus berbagi cerita ke depan kelas 🙂

 

Lalu kami menonton video berbagai profesi dan mengumpulkan berbagai informasi untuk membuat poster berkelompok. Pada setiap poster yang dibuat oleh kelas 1, mereka mendeskripsikan tentang tempat bekerja, tugas profesi, alat profesi, teman bekerja, sifat/karakteristik yang sebaiknya dimiliki oleh profesi tersebut, dan bagaimana peran para pekerja dalam membantu kehidupan orang lain 🙂

Kegiatan ditutup dengan bercerita kepada teman-teman tentang profesi pilihan dari setiap kelompok 🙂

 

Nantikan cerita kami selanjutnya yang pastinya akan lebih seru 🙂

 

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: