TK A Maleo Dalam Acara #KumpulBersama

Mulai tahun ajaran 2016-2017 ini, kami punya kegiatan baru yang dirancang oleh guru-guru kami. Namanya adalah #KumpulBersama! Di acara #KumpulBersama ini, kami berkumpul bersama teman-teman dari kelas lain. Mulai dari Kelompok Bermain, hingga Sekolah Dasar!

Sepanjang tahun, akan ada beberapa acara #KumpulBersama dengan tema yang berbeda-beda. Nah, tahun ini sudah ada beberapa acara #KumpulBersama yang sudah pernah kami ikuti. Simak cerita kami di bawah ini, ya!

#KumpulBersama: Festival Indonesia (Jumat, 19 Agustus 2016)

#KumpulBersama yang pertama kali diadakan adalah Festival Indonesia dalam rangka HUT Republik Indonesia ke 70. Pada Festival Indonesia ini, murid-murid diminta menggunakan pakaian daerah. Para bapak dan ibu guru juga menggunakan pakaian daerah pada hari tersebut. Apa saja yang dilakukan anak-anak TK A Maleo pada acara Festival Indonesia ini ya?

Kami ikut upacara bendera bersama kakak-kakak SD. Setelah itu, kami berkumpul bersama kakak TK B untuk membuat canang khas Bali, membuat hiasan tangan khas Papua, tampil bernyanyi di depan adik-adik Kelompok Bermain dan kakak-kakak TK B, serta, terakhir kami memasak klepon bersama. Seru sekali ya!

Oya, pada saat guru kami mengajak membuat klepon bersama, tiba-tiba ada seorang teman kami  yang membawa telepon mainan di sekolah ke depan, sambil berbicara: “Kita mau membuat ini?” Hihihihi… lucu sekali ya teman kami itu. Mari kita lihat fotonya bersama-sama!

picsart_11-09-02-34-15Kami sedang berbaris bersiap-siap mengikuti Upacara Bendera.

picsart_11-09-02-16-59 Kami belajar membuat canang khas Bali yang diajarkan oleh Ibu Chintya yang asli Bali.

picsart_11-09-02-35-07Kami juga tampil di depan teman-teman kelas lain menyanyikan lagu daerah: Yamko Rambe Yamko.

picsart_11-09-02-31-20Kami membuat kue tradisional bersama-sama. Kue yang kami buat adalah kue klepon khas Jawa Tengah.

picsart_11-09-02-27-58

Ini dia teman kami yang langsung mengambil telepon mainan saat  guru mengajak kami memasak kue klepon bersama.

#KumpulBersama: Apresiasi Seni Tari (Selasa,13 September 2016)

Dalam acara #KumpulBersama: Apresiasi Seni Tari ini, kami mengundang tamu dari kampus Paramadina. Kakak-kakak ini sangat pandai menari. Kami, anak-anak TK A Maleo, diberi kesempatan menonton penampilan dari kakak-kakak ini. Mereka menarikan tiga tarian secara berurutan: tari daerah Betawi, Padang dan Kalimantan, lengkap dengan pakaian daerah dan alat musiknya. Indah sekali penampilan mereka. Setelah menonton tarian, kami juga diberi kesempatan mengikuti gerakan tari yang diajarkan oleh kakak-kakak Paramadina ini. Seru sekali!

picsart_11-09-02-23-58Kakak-kakak dari Kampus Paramadina siap  tampil di depan murid-murid TK dan SD.

picsart_11-09-02-26-36picsart_11-09-02-36-17

 

 

 

Kami sedang diajarkan gerakan tarian sederhana oleh kakak-kakak dari Paramadina.

#KumpulBersama: Hari Niaga (Rabu, 26 Oktober 2016)

Hari Niaga ini diadakan untuk mengenalkan kegiatan jual-beli pada kami. Di TK, kami bermain “Pasar-pasaran”. Kami bergiliran bermain peran menjadi penjual dan pembeli di pasar. Barang-barang yang dijual adalah sayur dan kue-kue. Sayur-mayur yang ada adalah sumbangan dari Ayah-Ibu kami. Terima kasih ya, Ayah dan Ibu, sudah ikut menyumbang sayur sehingga bermain “Pasar-pasaran” kami semakin seru.

Sehari sebelum Hari Niaga, kami diajak guru kami mendengar cerita tentang berbelanja di pasar. Kami sudah paham bahwa membeli itu berarti harus membayar. “Kalau tidak bayar dan langsung ambil barangnya, bisa ditangkap polisi buu….,” begitu celetuk salah satu dari kami. Kami juga membuat dompet sendiri untuk membawa alat pembayaran kami saat main “Pasar-pasaran”. Tapi alat pembayaran kami bukan uang, melainkan stik es krim. Jadi harga barang-barangnya juga ditentukan guru kami menggunakan stik es krim. Misalnya: bayam harganya 2 stik es krim, kue onde-onde harganya 1 stik es krim, dsb. Dagangan sayur di Pasar Kembang sudah ditempeli resep oleh guru-guru kami, jadi sampai di rumah, kami bisa memasak sayur hasil belanjaan kami bersama Ayah dan Ibu kami.

Saat Hari Niaga tiba, kami diberikan 5 stik es krim per anak. Kami boleh membelanjakan “uang” kami tersebut sampai habis. Sebelum membayar, kami harus berhitung dulu, jadi kami sekaligus mempraktikkan kemampuan pramatematika kami. Seru sekali! Kami semua sangat antusias saat bermain di Hari Niaga tersebut.

Sekarang kita intip foto-foto seru di Hari Niaga yuk!

picsart_11-09-02-37-58   picsart_11-09-02-38-59Guru-guru kami sedang menyiapkan sayur yang akan dijual.

picsart_11-09-02-25-18  picsart_11-09-02-32-14picsart_11-09-02-42-49  picsart_11-09-02-33-05Suasana di  acara  #KumpulBersama: Hari Niaga

Pada saat Hari Niaga tersebut, kebetulan di kelas TK A Maleo juga sedang membuka program Hari Kunjungan Orangtua. Di Hari Kunjungan ini, orangtua yang mendaftar bisa mengikuti  kegiatan di kelas sehari penuh.  Di kesempatan yang pertama ini, kunjungan orangtua kami diisi oleh Ibu Mira yang ikut bermain bersama kami. Beliau juga mendapatkan  5 stik untuk ikut berbelanja lho!

“Seruuu banget, benar-benar berkesan…” begitu komentar Ibu Mira setelah sehari penuh ikut berkegiatan bersama kami.  

Ini dia beberapa foto saat Ibu Mira ikut program Hari Kunjungan Orangtua.

picsart_11-09-02-20-27  picsart_11-09-02-18-42picsart_11-09-02-30-25  picsart_11-09-02-21-23        Ibu Mira sedang ikut kegiatan bersama anak-anak TKA Maleo.

picsart_11-09-02-22-21Foto bersama sebelum pulang.

Nah, sampai di sini dulu cerita kami. Sampai bertemu di Cerita Kembang yang lain!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: