“Mengintip Kegiatan Seru di TK A Maleo”

Halo! Bertemu kembali dengan kami, TK A Maleo. Di cerita sebelumnya, kami sudah bercerita tentang keterlibatan kami di acara #KumpulBersama. Sekarang, kami akan bercerita tentang kegiatan seru yang kami lakukan di kelas kami. Ingin tahu? Yuk, kita simak ceritanya.

Ingin tahu siapa saja anggota kelas “Maleo”? Ini dia nama-nama anggota kelas kami:

picsart_12-08-04-52-39

Sekarang, kita intip yuk kegiatan seru di TK A Maleo!

Kelas kami berkegiatan menggunakan berbagai sentra. Ada sentra membaca, sentra menulis, sentra matematika, sentra sains, sentra rumah tangga, sentra bermain peran, sentra balok, sentra seni dan juga sentra musik. Di setiap sentra, kami bisa bermain bersama 2 – 3 teman kami. Jika sudah selesai di satu sentra, kami boleh pindah ke sentra lain yang belum kami coba.

Apa yang bisa kami lakukan di sentra membaca? Kami bisa membaca buku yang disediakan bersama ibu guru atau bermain-main dengan huruf/tulisan yang biasanya berhubungan dengan tema yang sedang kami pelajari, yuk kita intip fotonya!

picsart_12-08-04-51-53Salah satu kegiatan di sentra membaca, mencocokkan huruf yang sama.

picsart_12-08-04-56-15Memasukkan nama murid-murid Maleo di amplop dengan awalan huruf yang sesuai.

Di sentra menulis, kami berlatih melenturkan otot-otot jari-jemari kami. Contoh kegiatan di sentra menulis di antaranya adalah bermain dengan playdough, menjimpit biji-bijian, menggambar, mewarnai, dan mencontoh tulisan. Mau melihat fotonya? Berikut adalah contoh foto-foto saat kami bermain di sentra menulis:

picsart_12-08-05-01-21Menjimpit biji jagung untuk melenturkan otot jari-jemari sebagai persiapan menulis.

picsart_12-08-04-48-45Salah satu kegiatan di sentra menulis, mencontoh tulisan bermakna.

Kami punya sentra yang isinya permainan yang berhubungan dengan hitung-hitung benda dan juga angka-angka. Kira-kira sentra apa ya? Yak betul sekali: sentra matematika! Di sentra ini, permainannya seru sekali. Kami pernah diminta memasang mata monster. Mata monster?? Iya, kami bermain mengocok dadu, lalu kami menghitung jumlah mata dadu yang keluar. Kemudian kami memasang mata pada gambar monster sesuai dengan jumlah yang sama dengan mata dadu tersebut. Pernah juga kami bermain mengukur panjang barongsai menggunakan balok-balok. Ohya, kami juga pernah bermain menggunakan penjepit baju warna merah dan biru. Untuk apa jepit bajunya?? Untuk bermain pola! Seruuuuu sekali! Kami menjepit secara berpola merah-biru-merah-biru-merah-biru, seperti itu…  seru sekali ya?

Kami selalu merasa kami sedang bermain, padahal sebenarnya kami sedang belajar banyak hal dengan permainan yang kami mainkan. Mari  intip  salah satu foto serunya kegiatan  kami saat bermain di sentra matematika!

picsart_12-08-04-57-20Saat bermain mata monster.

Untuk kami yang suka mengamati dan bereksperimen, pasti kami tidak akan melewati sentra yang satu ini. Iya, di sentra ini kami boleh mengamati dan mencoba secara langsung, sehingga kami bisa membuat kesimpulan sendiri. Sentra yang penuh eksperimen ini dinamakan sentra sains.

   picsart_12-08-04-36-58     picsart_12-08-05-04-52

Salah satu kegiatan di sentra sains, mengamati perbedaan bentuk tulang daun.

picsart_12-08-04-59-01Bermain menggunakan tepung jagung dan air untuk merasakan tekstur padat dan cair di sentra sains.

picsart_12-08-05-00-08Bereksperimen dan mengamati perubahan air berwarna yang menjadi bening kembali setelah ditetesi pemutih pakaian.

Sentra yang satu ini selalu menjadi rebutan. Kami senang bermain di sentra ini karena kami boleh melakukan pekerjaan orang dewasa! Waaah, seruuu sekali. Kami menyebut sentra ini sentra rumah tangga.

Kenapa sentra rumah tangga? Karena kami boleh melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan di sebuah rumah tangga, seperti: mencuci baju, mencuci piring, mengelap air yang tumpah, memotong makanan, menuang teh ke dalam gelas, membuat sarapan dengan mengoles-oles selai, dan menyapu. Semuanya menggunakan alat sungguhan lhoo…

Saat kami boleh menyiapkan teh, gelas yang kami pakai gelas beling. Waaah, kami jadi belajar membawanya dengan sangat berhati-hati agar tidak jatuh. Kalau sampai jatuh, bisa-bisa pecah deh gelasnya. Menurut guru kami, kami hebat-hebat bisa menggunakan gelas beling dengan hati-hati sehingga tidak ada satupun gelas yang pecah! Hebat kan kami?

picsart_12-08-04-44-33Kami berhati-hati ketika membawa gelas beling.

picsart_12-08-04-51-01Kami bisa menyapu loh!

picsart_12-08-04-55-17Kami belajar melipat sarung di sentra rumah tangga. Seru kan?

picsart_12-08-04-35-17picsart_12-08-04-36-01

Belajar menuang teh dan memotong.

picsart_12-08-04-46-47

Mencuci baju.

Nah kalau di sentra bermain peran, kami bisa berpura-pura menjadi orang lain. Kami bisa pura-pura jadi dokter, pura-pura memasak, atau pura-pura merawat adik. Di sini, alat yang dipakai hanya mainan, tidak seperti di sentra rumah tangga yang menggunakan alat yang sesungguhnya.

picsart_12-08-04-45-40Berpura-pura menjadi petugas di salon.

picsart_12-08-04-37-37

Kami sedang berpura-pura memasak sarapan untuk keluarga.

Di kelas, kami juga punya sentra balok. Di sentra ini kami dapat berimajinasi membuat bangunan dari balok warna-warni yang disediakan di sentra ini.

picsart_12-08-04-43-41

Selain itu juga ada sentra seni. Di sini, kami bisa berkreasi membuat karya seni menggunakan bermacam-macam media yang telah disiapkan guru kami.

picsart_12-08-05-04-00

Sentra apa lagi ya yang belum kami ceritakan? Sepertinya sudah semua ya? Oya, ada satu lagi, namanya sentra musik! Kami bisa bereksperimen memainkan alat musik sambil bernyanyi. Salah satu teman kami ada yang sangat senang bermain di sentra ini. Ia bahkan sangat jago berimprovisasi saat bernyanyi dan memainkan alat musik di sentra ini. Karena kalau kami bermain di sentra ini suka lupa diri dan memainkan alat musik dengan keras, maka guru kami meletakkan sentra ini di luar kelas supaya kalau kami sedang asyik bermain musik, suara kami tidak terlalu menganggu teman-teman kami yang sedang bermain di sentra yang lainnya.

picsart_12-08-04-42-42

Selain kegiatan di sentra-sentra, kami juga ada kelas Musik dan Bahasa Inggris yang tidak kalah seru dengan kegiatan di sentra-sentra. Pak Glen adalah guru musik kami. Kami sangat senang belajar musik bersama Pak Glen. Sedangkan guru Bahasa Inggris kami adalah Ibu Inez. Ibu Inez selalu punya permainan seru untuk mengenalkan kami kosakata Bahasa Inggris. Karena seru, kami semua jadi antusias ikut permainan yang diajarkan Ibu Inez.

picsart_12-08-05-03-04Kelas musik bersama Pak Glen.

picsart_12-08-04-58-27

Kelas Bahasa Inggris bersama Ibu Inez.

Terkadang, saat membahas tema tertentu, guru kami mengundang tamu ke kelas. Misalnya saat kami belajar tema “Profesi”, kami kedatangan tamu yang berprofesi sebagai pemusik. Ibu Nia Aladin yang menjadi tamu kami saat itu. Ibu Nia sangat pandai bermain harpa dan biola. Saat menjadi tamu di kelas kami, Ibu Nia membawa harpanya masuk ke kelas kami, sayang sekali Ibu Nia tidak membawa biolanya. Namun kami semua sudah sangat kagum melihat harpa milik Ibu Nia karena kami jarang sekali melihat secara langsung alat musik tersebut. Kita lihat fotonya saat Ibu Nia menjadi tamu kami yuk…

picsart_12-08-05-05-37 picsart_12-08-04-42-06 picsart_12-08-04-47-52

picsart_12-08-04-34-02

Satu lagi kegiatan seru yang selalu kami tunggu-tunggu adalah kegiatan yang kami lakukan setiap hari Kamis, kegiatan apa ya??? Itu adalah kegiatan bermain di area kelompok bermain yang ada perosotan besarnya….  Seru sekali ya…

picsart_12-08-04-38-18

picsart_12-08-04-41-08

Sampai bertemu di cerita Kembang yang lain ya!

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah dimana anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan dimana setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: