Belajar dan Berbagi di TPN 2018

IMG_20181107_161821Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti Temu Pendidik Nusantara yang diselenggarakan oleh Sekolah Cikal. Senang rasanya bertemu teman-teman pendidik dari penjuru daerah di Indonesia. Banyak cerita menarik yang saya dapatkan dari mereka, mulai dari keragaman siswa, orangtua, serta keragaman strategi yang mereka gunakan dalam mengajar. Saya juga merasa bangga dapat mengenalkan Sekolah Kembang kepada teman-teman baru saya di sana. Saya harap mereka bisa mengambil nilai-nilai baik untuk dibawa dan diterapkan di sekolah mereka.

Kelas-kelas yang saya pilih di acara Temu Pendidik Nusantara 2018 adalah kelas yang bertema “Memahami Murid”. Saya ingin mencari ide-ide baru tentang cara memahami murid. Salah satu kelas yang berkesan untuk saya adalah “Lima Bahasa Cinta Untuk Memahami Murid”. Di kelas ini saya dikenalkan oleh lima jenis bahasa cinta anak yang kemudian bisa saya coba di kelas. Bahasa-bahasa cinta ini adalah cara yang bisa digunakan untuk memotivasi anak, memberikan umpan balik yang tepat, serta memahami perasaan anak. Saya jadi tahu bahwa tidak semua anak butuh pujian secara lisan, tetapi ada yang butuh pelukan, belaian, atau hadiah kecil seperti tanda bintang pada lembar kerjanya.

Selain mengikuti kelas-kelas yang menarik saya juga berbagi salah satu praktik baik yang sudah saya jalankan di Sekolah Kembang, yaitu berbagi cerita tentang “Strategi Penggunaan Buku Komunikasi Guru dan Orangtua”. Buku komunikasi ini adalah salah satu cara guru untuk membantu orangtua ngobrol dengan anak-anaknya di rumah. Buku ini berisi pertanyaan-pertanyaan panduan tentang tema yang sedang dibahas di kelas dan contoh kegiatan sederhana yang dapat dilakukan orangtua bersama anak.

Rupanya antusiasme teman-teman yang hadir di kelas saya tidak berhenti saat kelas usai. Kami masih berbincang bersama hingga 2 jam sampai kelas yang kami tempati akan dibersihkan dan ditutup. Kami pun melanjutkan cerita-cerita baik lainnya melalui WhatsApp.

IMG_20181107_161808

Semoga saya dapat bergabung kembali di acara Temu Pendidik Nusantara berikutnya untuk mendapatkan ide-ide segar dari teman-teman pendidik dan juga berbagi praktik-praktik baik lain yang telah saya jalankan di Sekolah Kembang.

Diceritakan oleh Ibu Mala, Guru Kelas TK Semeru

Advertisements

About blogkembang

"Sebuah sekolah tempat anak dapat tumbuh menjadi seorang yang gemar belajar dengan rasa bahagia dan antusias sepanjang hidupnya dan tempat setiap guru dapat menghadirkan perubahan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: